Hagia Sophia

28 May 2023

Waspadai Bila Anak Sering Terpapar Asap Rokok, Bisa Fatal Dampaknya

Bahaya asap rokok pada anak-anak. (Foto: (iStock))

Bagi sebagian orang, aktivitas merokok sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari baik di luar rumah, tempat kerja, ataupun lingkungan rumah yang juga menjadi tempat tinggal anak-anak.

Tentu sudah banyak yang memahami, perokok aktif memiliki risiko penyakit kanker paru-paru, stroke, impotensi, dan lainnya. Namun, risiko penyakit ini ternyata juga mengintai perokok pasif, yaitu orang yang menghirup asap rokok di sekitar perokok aktif. Anak-anak pun tak jarang harus terpapar asap rokok dari perokok aktif di sekitarnga.

Spesialis anak dr Dimas Dwi Saputro, SpA mengatakan terdapat ribuan zat berbahaya dalam rokok konvensional. Zat ini bersifat karsinogenik yang berpotensi menimbulkan kanker.

"Kalau rokok konvensional sudah banyak penelitiannya, bahwa ada 7.000 zat beracun di dalamnya. Pada tembakau, dibakar, jadilah tar. Tar ini sifatnya karsinogenik yang menimbulkan dampak kanker pada orang-orang yang menghirup di sekitarnya atau yang disebut second-hand smokers," kata dr Dimas dalam seminar Dampak Merokok Pasif pada Kesehatan Anak oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Sabtu (27/5/2023).

First-hand smoker atau perokok aktif jelas akan terkena bahaya rokok. Namun lebih lagi, first-hand smoker menyebarkan zat beracun kepada second-hand smokers melalui asap rokok menyebar. Lebih berbahaya lagi, partikel asap yang menempel di permukaan atau berada di suatu ruangan bisa menyebar ke orang lain (third-hand smoker).

"Second-hand, dia merokok kena sebelahnya yang lagi nggak merokok. Third-hand smoker, dia merokok di mana terus selesai, masuk rumah dan membawa partikel-partikel dalam tubuh dia. Ternyata itu dampaknya sama pada orang-orang yang di sekitarnya itu, second-hand smoker maupun third-hand smoker," kata dr Dimas.

Nikotin dan tar membuat first, second, dan third-hand smoker terpapar efek karsinogenik dan iritan saluran napas yang sama. Beberapa gangguan pernapasan yang mengintai yakni asma, batuk, dan rhinitis.

"Efek jangka panjang lain yang bisa didapat adalah penurunan fungsi paru. Bisa 2 hal, yaitu kembang paru atau fungsi restriktifnya, dan fungsi obstruksi (fungsi alirannya) terhambat atau nggak," papar dr Dimas.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anak Sering Terpapar Asap Rokok? Awas, Bisa Sefatal Ini Efeknya Kata Dokter"