Hagia Sophia

28 May 2023

Ini Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Rambutan. Foto: Erliana Riady

Detikers, siapa sih yang tidak kenal buah merah dengan organ mirip rambut di kulitnya? Yap, buah dengan nama ilmiah Nephelium lappaceum tersebut umum dijumpai di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia dan Malaysia.

Apa saja manfaat yang diberikan dari kandungan nutrisi yang di tawarkan oleh rambutan? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak informasi berikut ini.

11 Manfaat Rambutan

1. Dapat Membantu Memerangi Infeksi
Rambutan kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih inilah yang dapat memerangi infeksi dalam tubuh.

Kulit rambutan juga dapat dimanfaatkan untuk memerangi infeksi selama bertahun-tahun. Riset menyebutkan, kulit rambutan mengandung senyawa geraniin yang dapat melindungi tubuh dari virus dan infeksi bakteri.

2. Meningkatkan Pencernaan
Dikutip dari Healthline, sekitar separuh kandungan serat dalam buah rambutan tidak akan larut dalam pencernaan. Serat dapat menambahkan volume ke dalam tinja yang mempercepat transit usus dan mengurangi risiko sembelit.

Separuh kandungan serat lainnya akan larut dalam perut dan menjadi makanan bagi bakteri baik. Hasilnya adalah asam lemak asetat, propionat, dan butirat yang mampu mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus.

3. Membersihkan Ginjal
Kandungan fosfor dalam rambutan dapat membantu menyaring limbah yang menumpuk pada tubuh. Selain itu, kandungan mineralnya juga aktif membuat ginjal berfungsi dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan
Seperti kebanyakan buah pada umumnya, rambutan mampu mencegah kenaikan berat badan. Kalori dalam rambutan dianggap cukup rendah dibanding serat sehingga rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

Terlebih, serat larut air dalam rambutan membentuk zat seperti gel di usus yang membantu memperlambat pencernaan. Penyerapan nutrisi juga lambat sehingga nafsu makan berkurang.

5. Meningkatkan Kualitas Sperma
Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi buah rambutan berdampak positif pada produksi sperma. Kandungan vitamin C pada rambutan juga dapat meningkatkan kualitas sperma pada laki-laki dan kesuburan.

6. Mencegah Potensi Penyakit Kanker
Rambutan yang kaya akan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh. Kandungan antioksidan pada rambutan dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Rambutan mengandung kalium yang penting menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Antioksidan pada rambutan juga dapat mencegah risiko peradangan sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

8. Menjaga Kesehatan Tulang
Rambutan yang mengandung senyawa kalsium dan kalium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan baik. Selain makan buah, tentunya harus didukung dengan gaya hidup yang sehat.

9. Menurunkan Risiko Diabetes
Tidak hanya buah, kulit rambutan juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh manusia. Studi sel dan hewan melaporkan bahwa ekstrak kulit rambutan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi kadar gula darah, mengurangi risiko resistensi insulin.

10. Sumber Energi Tubuh
Kandungan nutrisi karbohidrat dan protein yang tinggi dalam buah rambutan mampu memasok energi yang berguna bagi tubuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B pada buah rambutan juga dapat meningkatkan metabolisme energi.

11. Baik untuk Ibu Hamil
Kebanyakan ibu hamil sering kali mengalami morning sickness pada awal kehamilan. Gejala morning sickness ini meliputi pusing, mual, muntah, dan lemas. Rambutan mengandung zat besi yang dapat menjadi solusi alami untuk meredakan gejala morning sickness.

Rambutan banyak digemari karena cita rasanya yang lezat. Bentuk daging buahnya mirip leci berwarna putih, lembut, bulat dengan biji di dalamnya. Selain lezat, rambutan juga memiliki banyak kandungan bernutrisi.

Buah rambutan banyak mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan lain yang berkhasiat bagi tubuh. Rambutan memiliki 100 gr kalori sebanyak 69 kkal, 0,9 gr protein, 0,1 gr lemak, 18,1 gr karbohidrat, dan 1,3-2 gr serat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berikut 11 Manfaat Buah Rambutan yang Berkhasiat bagi Tubuh, Penuh Nutrisi"