Hagia Sophia

28 May 2023

Dugaan Pakar: 'Disease X' Berasal dari Virus Zombie

Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini mewanti-wanti munculnya 'Disease X', yakni penyakit yang belum diketahui, namun berpotensi menjadi pandemi. Bahkan sejumlah pakar menyoroti, penyakit ini berpotensi lebih fatal dibandingkan COVID-19.

Beberapa ahli kesehatan masyarakat meyakini, disease X ini akan bersifat zoonosis. Artinya, penyakit tersebut bersumber dari hewan liar atau hewan peliharaan, yang kemudian menular ke manusia. Melihat penyakit yang sudah ada saat ini, Ebola, HIV/AIDS dan COVID-19 adalah wabah zoonosis.

Namun begitu, ada juga pihak yang menyebut, ada kemungkinan disease X ini nantinya berasal dari jenis penyakit lain atau bioterorisme. Artinya, penyakit tersebut merupakan hasil rekayasa yang kemudian menyebar luas dan menjadi pandemi.

"Pelepasan patogen semacam itu, baik melalui kecelakaan laboratorium atau sebagai tindakan bioterorisme, juga dapat menyebabkan bencana Penyakit X dan telah dianggap sebagai risiko bencana global," ungkap penulis artikel tahun 2021 di jurnal Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi Rumah Sakit.

Selain itu ada juga sumber yang menduga, disease X adalah virus 'zombie' yang telah terkunci di permafrost atau lanskap beku selama berabad-abad. Namun karena perubahan iklim, lanskap tersebut mencair dan melepaskan virus hingga kemudian menyebar.

WHO juga telah menetapkan daftar penyakit prioritas yang disoroti, berpotensi menjadi pandemi di waktu mendatang. Penyakit tersebut meliputi virus Marburg, demam berdarah Krimea-Kongo, demam Lassa, penyakit Nipah dan henipavirus, demam Lembah Rift, dan sindrom pernapasan Timur Tengah.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berpotensi Jadi Pandemi Baru, Ahli Duga Disease X Datang dari Virus Zombie"