Hagia Sophia

28 May 2023

Ikan yang Tertangkap Kamera Ini Hidup 8 Km di Bawah Laut

Penampakan ikan Pseudoliparis yang ditemukan di kedalaman lebih dari 8.000 meter. Ikan tersebut hidup di kedalaman palung Izu-Ogasawara di Samudra Pasifik, dekat Jepang.(Minderoo-UWA Deep Sea Research Centre via IFL SCIENCE)

Ikan yang satu ini memecahkan rekor sebagai ikan yang hidup di lautan paling dalam, yang pernah tertangkap kamera. Bayangkan saja, ikan jenis siput ini berkeliaran di kedalaman 8.833 meter.

Seperti dikutip detikINET dari Guardian, ikan itu termasuk spesies ikan siput yang belum diketahui dalam genus Pseudoliparis, difilmkan pada kedalaman 8,3 kilometer di palung Izu Ogasawara, letaknya di tenggara Jepang.

Rekaman itu diambil dengan kapal laut dalam otonom sebagai bagian dari ekspedisi dua bulan yang dimulai tahun lalu. Beberapa hari setelah ikan siput itu difilmkan, para ilmuwan juga menangkap dua ikan siput lainnya, dari spesies Pseudoliparis belyaevi pada kedalaman 8.022 meter.

Tim ilmuwan mengatakan ini adalah ikan pertama yang pernah ditangkap di kedalaman laut lebih dari 8.000 meter. Para ilmuwan itu berasal dari Minderoo-University of Western Australia Deep Sea Research Center dan Tokyo University of Marine Science and Technology.

Mereka meneliti palung Jepang, Izu Ogasawara dan Ryukyu, yang masing-masing memiliki kedalaman 8.000, 9.300 dan 7.300 meter, sebagai bagian dari dari riset selama satu dekade tentang populasi ikan terdalam di dunia. Dengan kapal selam tak berawak, para peneliti memasang kamera dengan umpan ikan di bagian terdalam palung tersebut.

Ada lebih dari 400 spesies ikan siput yang dikenal dan hidup di berbagai habitat, dari perairan dangkal hingga kegelapan laut dalam. Kepala ekspedisi dan pendiri Pusat Penelitian Laut Dalam Minderoo-UWA, Prof Alan Jamieson, mengatakan adaptasi khusus memungkinkan beberapa spesies ikan siput hidup sekitar 1.000 meter lebih dalam dari ikan laut dalam lainnya.

"Salah satu alasan ikan siput sangat sukses adalah mereka tak punya kantung renang. Mencoba mempertahankan rongga gas sangat sulit pada tekanan tinggi," papar Alan.

Snailfish juga tidak memiliki sisik, melainkan semacam lapisan agar-agar. Individu terdalam yang tertangkap dalam film adalah ikan remaja. Tidak seperti spesies ikan laut dalam lainnya, ikan siput muda umumnya ditemukan di kedalaman yang lebih dalam daripada ikan dewasa.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Penampakan Ikan yang Ukir Rekor Hidup 8 Km di Bawah Laut"