Hagia Sophia

10 March 2024

Liga Inggris: Lewat Penalti, Manchester United Kalahkan Everton 2-0

Foto: AP/Dave Thompson

Manchester United memetik kemenangan 2-0 saat menjamu Everton. Kemenangan itu ditentukan sepasang gol penalti dari Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

MU menjamu Everton di Old Trafford, Sabtu (9/3/2024) malam WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. Tuan rumah langsung terdesak oleh Everton sejak sepak mula.

Sementara penyelesaian akhir Everton kurang menggigit, MU menghukum mereka lewat serangan-serangan cepat. Dua penalti dimenangkan Alejandro Garnacho saat mencoba menusuk ke pertahanan Everton.

Bruno Fernandes membuka keunggulan MU lewat eksekusinya pada menit ke-12. Lalu Marcus Rashford menggandakannya pada menit ke-36.

Tambahan tiga poin mengamankan posisi MU di urutan keenam Liga Inggris, kini mengoleksi 47 poin dari 28 pertandingan. Everton tertahan di posisi 16 dengan 25 poin dan terancam dilewati Nottingham Forest.

Jalannya Pertandingan

Everton langsung menggebrak di awal. Peluang Ben Godfrey dari jarak dekat diamankan Andre Onana. Kiper MU itu kemudian juga memotong umpan silang Beto sebelum disambar Abdoulaye Doucoure.

Penalti! MU mendapatkan penalti usai Alejandro Garnacho dilanggar James Tarkowski. Bruno Fernandes sukses menceploskan bola ke pojok kanan bawah gawang.

Everton melanjutkan tekanannya. Sebuah tembakan voli dari Dwight McNeil cuma melenceng tipis ke kiri gawang.

Giliran MU dapat kesempatan pada menit ke-17. Sodoran Alejandro Garnacho disambar Fernandes, tapi melambung jauh dari gawang.

Ancaman dari Everton pada menit ke-25. Sepakan James Garner dihalau Onana. Bola liar disambar Amadou tapi melambung.

MU dapat peluang dari bola mati dua menit berselang. Tendangan bebas Fernandes dari depan kotak penalti ditepis saja oleh Jordan Pickford.

Peluang dari Everton pada menit ke-31. Sepakan mendatar Mc Neil bergulir tipis saja ke kanan gawang.

Penalti lagi untuk MU, hasil dari serangan balik yang dipimpin Garnacho sampai dilanggar Godfrey. Marcus Rashford kali jadi eksekutor dan mengecoh Pickford dengan tembakan ke kiri.

MU meminta penalti ketiga pada masa injury time atas handball Vitalii Mykolenko. Tapi wasit tak memberikannya. Babak pertama berakhir.

Everton memulai babak kedua dengan mengambil inisiatif lebih. Percobaan Doucoure dari sudut sempit masih belum membuahkan hasil.

Kemelut terjadi di kotak penalti Everton. Sontekan Victor Lindelof gagal ditangkap sempurna oleh Pickford dan Evans coba menyambar, tapi berujung pelanggaran.

Peluang dari Everton pada menit ke-77. Godfrey gagal mengarahkan sundulannya ke gawang. Bola jatuh ke kaki Lewis Dobbin, yang sepakannya juga cuma melintas di depan gawang.

Sepakan Andre Gomes pada menit ke-90 masih bisa ditahan Onana. Skor tak berubah sampai pertandingan usai.

Susunan pemain

Manchester United: Onana, Dalot, Varane, Evans (Kambwala 89'), Lindelof, Casemiro, Mainoo (Amrabat 79'), Garnacho (Antony 83'), McTominay, Bruno Fernandes, Rashford

Everton: Pickford, Godfrey, Tarkowski, Branthwaite, Mykolenko (Chermiti 88'), Harrison (Dobbin 61'), Onana, Garner (Young 75'), McNeil, Doucoure (Gomes 61'), Beto (Calvert-Lewin 61')


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "MU Vs Everton: Setan Merah Menang Berkat 2 Gol Penalti"