Hagia Sophia

29 April 2024

Beberapa Khasiat Jus Daun Pepaya, Diantaranya Bisa Turunkan Gula Darah

Ilustrasi jus daun pepaya. (Foto: Thinstock)

Sudah bukan rahasia lagi kalau pepaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain buahnya, daun pepaya juga memiliki khasiat yang sayang untuk dilewatkan loh.

Daun pepaya memiliki rasa yang pahit, sehingga tidak disukai sebagian orang. Kendati demikian, daun pepaya bisa diolah menjadi berbagai makanan atau minuman yang menyehatkan.

Salah satunya adalah jus daun pepaya. Sama halnya dengan ekstrak, jus daun pepaya turut mengandung senyawa unik yang dapat membantu mengatasi beragam masalah kesehatan.

Lantas, apa saja khasiat jus daun pepaya untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai Healthline, berikut informasinya.

1. Membantu mengatasi demam berdarah
Salah satu khasiat jus daun pepaya adalah mampu mengatasi gejala demam berdarah dengue (DBD). DBD dapat menyebabkan beragam gejala, salah satunya penurunan trombosit darah.

Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit darah secara signifikan. Hal ini dapat mencegah risiko perdarahan dan komplikasi fatal akibat DBD.

2. Mengatur kadar gula darah
Khasiat jus daun pepaya juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dengan cara mengatur produksi hormon insulin dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan ekstrak daun pepaya mengandung antioksidan kuat yang dapat melindung sel penghasil insulin di pankreas. Tak hanya itu, daun pepaya juga memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah tinggi, sehingga kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk diabetes.

3. Mendukung fungsi pencernaan
Kandungan serat dan enzim papain pada daun pepaya diyakini dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Papain memiliki fungsi untuk memecah protein dan asam amino sehingga mudah dicerna.

Di sisi lain, serat dapat membantu mencegah dan meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga sindrom iritasi usus besar (IBS).

4. Melawan peradangan
Ekstrak daun pepaya mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol. Senyawa tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga dapat membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

Daun pepaya juga kerap digunakan untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh kondisi seperti ruam, nyeri otot, dan nyeri sendi.

5. Menjaga kesehatan kulit
Jus daun pepaya juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Hal ini berkat kandungan enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya.

Selain dikonsumsi secara oral, mengoleskan daun pepaya yang sudah dihaluskan juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi penyumbatan pori-pori, dan mencegah jerawat.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Khasiat Jus Daun Pepaya, Termasuk Bisa Buat Turunkan Gula Darah"