Hagia Sophia

27 March 2023

Aktor Novie Chandra Meninggal Dunia Akibat Komplikasi Jantung dan Diabetes

Aktor Novie Chandra meninggal dunia. (Foto: dok Instagram)

Aktor Novie Chandra meninggal dunia Sabtu (25/3/2023). Pria yang khas dengan cambang pada pipi dan tubuh besar itu tutup usia setelah berjuang melawan komplikasi diabetes dan sakit jantung.

Kerabatnya, Ery Joe, yang juga merupakan humas persaturan artis film Indonesia (AFI) membenarkan meninggalnya Novie Chandra.

"Beliau (Novie Chandra) meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati pagi jam 10.00 WIB," kata Evry Joe, dikutip dari detikHot.

"Beliau sebetulnya kena diabetes gula. Nggak bisa sedikit saja luka. Nah kemarin sempat luka dan divonis amputasi kaki sebelah kanannya. Setelah itu beliau berpulang," jelas Joe lagi.

Kaitan Diabetes dan Amputasi

Diabetes yang tidak terkelola bisa berujung amputasi, biasanya pada jari kaki, atau kaki. Salah satu cara mencegahnya tentu mengelola gula darah.

Amputasi menjadi komplikasi utama dari diabetes. Siapapun yang mengidap diabetes, dokter biasanya merekomendasikan pasien untuk memeriksa kaki setiap hari.

Mengapa Harus Amputasi?

Dalam beberapa kasus, diabetes dapat menyebabkan penyakit arteri perifer (PAD). PAD menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengurangi aliran darah ke tungkai dan kaki seseorang.

Ini bisa menyebabkan kerusakan saraf, yang juga dikenal sebagai neuropati perifer. Ini bisa terjadi tanpa disadari lantaran kerap tak muncul rasa nyeri.

Karenanya, kebanyakan orang tidak sadar memiliki luka atau bisul di kaki, hingga terus menekan area yang terkena, sampai berujung infeksi.

Berkurangnya aliran darah dapat memperlambat penyembuhan luka. Itu juga dapat membuat tubuh kurang efektif dalam melawan infeksi. Akibatnya, luka mungkin tidak sembuh. Kerusakan atau kematian jaringan (gangren) dapat terjadi, dan infeksi yang ada dapat menyebar ke tulang.

Jika infeksi tidak dapat dihentikan atau kerusakan tidak dapat dikembalikan, amputasi mungkin diperlukan. Hal paling umum amputasi pada pengidap diabetes adalah ekstremitas bawah (tungkai, telapak kaki, dan jari kaki).

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), sekitar 130.000 orang di Amerika Serikat yang mengidap diabetes harus diamputasi setiap tahun.

Itu mungkin terdengar banyak, tetapi amputasi hanya merupakan persentase kecil dari lebih 37,3 juta orang di Amerika Serikat yang mengalami diabetes.

Dengan manajemen diabetes yang berkelanjutan, perawatan kaki, dan perawatan luka, banyak pengidap diabetes dapat menghindari risiko amputasi atau mencegahnya sama sekali.

Cara Mencegah

Cara terbaik untuk mencegah amputasi dan komplikasi diabetes parah lainnya adalah dengan mengelola gula darah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:
  • makan makanan padat nutrisi dari daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, serat, dan biji-bijian
  • membatasi jus dan soda yang dimaniskan dengan gula
  • mengurangi stres
  • berolahraga minimal 30 menit setiap hari
  • mempertahankan berat badan dan tekanan darah sedang
  • pemeriksaan kadar gula darah secara teratur
  • minum insulin dan obat diabetes lainnya seperti yang diarahkan oleh dokter























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aktor Novie Chandra 'Tersanjung' Meninggal Dunia, Sakit Diabetes-Amputasi Kaki"