Hagia Sophia

27 March 2023

Tips untuk Atasi Ambeien Secara Alami dan Medis

Ilustrasi ambeien, bagaimana cara mengobatinya? Foto: iStock.

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah di anus dan ujung usus besar (rektum). Umumnya, penyakit ini muncul di bagian dalam atau luar anus.

Penyakit ambeien relatif mudah ditemukan di masyarakat umum. Ambeien menimbulkan rasa sakit disekitar anus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui cara mengobati ambeien

13 Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami dan Medis

Penanganan dengan bahan alami dan medis bisa menjadi pilihan pasien ambeien. Pemilihan penanganan sebaiknya atas saran tenaga kesehatan yang kompeten, sehingga memberi manfaat maksimal pada pasien.

10 Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami

Bahan alami bisa jadi pilihan pasien ambeien saat penyakit terasa sangat mengganggu. Penanganan dengan bahan alami biasanya hanya meringankan penyakit untuk sementara, sehingga sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Makan makanan berserat tinggi
Dilansir Mayoclinic, makanan berserat tinggi dapat memperlancar pencernaan. Karena ini dapat melunakkan feses kamu sehingga membantu kamu tindak mengejan dengan kuat.

Nah, Detikers bisa memperbanyak untuk memakan buah-buahan atau sayur-sayuran seperti wortel, jeruk, pisang, bayam, dan sebagainya. Dan juga hindari makanan berminyak ya detikers!

Rendam air hangat
Ini salah satu cara yang cukup praktis dan bisa langsung kamu praktekkan segera ya. Kamu cukup duduk di atas ember berisi air hangat yang sudah dicampur garam selama 10-15 menit setelah buang air besar.

Cara ini bisa melancarkan aliran darah dan meredakan pembengkakan di area sekitar anus. Cara lainnya, kamu juga bisa sambil berendam di bak air hangat loh Detikers!

Oleskan witch hazel
Witch Hazel adalah herbal bersifat anti inflamasi yang dapat meredakan kulit saat meradang. Kandungan minyak dan tanin yang ada dapat mengurangi rasa gatal, sakit, dan pendarahan saat ambeien.

Kompres es
Untuk cara yang satu ini, kamu bisa membalut es menggunakan kain lalu mengompresnya di area yang terasa sakit. Pasalnya, es batu bisa meredakan pembuluh darah yang membengkak.

Oleskan lidah buaya
Lidah buaya memang sangat multifungsi, salah satunya untuk meredakan peradangan. Untuk itu, Detikers bisa mengoleskan lidah buaya alami di area yang membengkak.

Bersihkan anus secara teratur
Untuk kamu yang sedang menderita ambeien, kamu bisa menghindari penggunaan tisu basah yang mengandung alkohol untuk membersihkan anus ya!

Detikers cukup membersihkan area anus dengan air hangat secara teratur, hindari pakaian dalam dan celana yang ketat untuk menjaga kenyamanan.

Jangan Terlalu Sering Duduk!
Jika sedang kambuh, Detikers jangan terlalu sering duduk dulu ya! Jika ingin beristirahat bisa menggunakan bantal yang empuk sebagai alas duduk. Detikers lebih baik duduk di kursi santai seperti kursi goyang dari pada duduk tegak.

Hindari Olahraga Berat
Nah, Detikers jangan terlalu banyak mengeluarkan tenaga untuk olahraga berat saat ambeien ya. Terlalu memforsir tenaga bisa menyebabkan pergesekan di area wasir.

Minum Air Putih yang Cukup
Tidak bisa dipungkiri, dengan minum air putih yang cukup dapat melancarkan BAB kamu loh! Jadi ini bisa menjadi cara yang alami untuk mengatasi ambeien.

Jangan Menunda BAB
Kalau kamu menahan untuk buang air besar, feses kamu dapat menjadi kering dan keras. Jadi ini dapat menyebabkan ambeien kamu kambuh kembali. So, jangan ditunda ya!

3 Cara Mengatasi Ambeien Secara Medis

Beberapa kasus ambeien mungkin tidak dapat diatasi secara alami. Jadi, berikut beberapa cara medis untuk mengatasi ambeien:

Perawatan laser
Perawatan laser dapat digunakan untuk mengobati wasir internal. Perawatan ini bekerja dengan cara mengeraskan darah di dalam wasir. Nah, cara ini akan membuat wasir mengerut sehingga membuat ambeien membaik.

Operasi/Pembedahan
Jika pengobatan lain tidak berhasil atau jika wasir sangat besar, mungkin dokter akan merekomendasikan pembedahan kecil untuk mengangkatnya. Ada dua jenis pembedahan utama untuk wasir, yaitu:
  • Hemoroidektomi (pengangkatan wasir) melibatkan pengangkatan semua jaringan ekstra yang menyebabkan wasir. Tindakan ini digunakan untuk mengobati wasir internal dan eksternal.
  • Penjepitan wasir (hemorrhoid stapling) adalah prosedur dimana stapel bedah ditempatkan untuk memblokir aliran darah ke wasir. Tindakan ini akan mengecilkan wasir sepenuhnya. Stapling digunakan untuk mengobati wasir internal.
Ligasi dengan karet gelang
Ligasi karet gelang ambeien internal adalah prosedur di mana satu atau beberapa karet gelang kecil ditempatkan di sekitar pangkal ambeien internal. Ini akan memutus sirkulasi darah sehingga wasir akan mengecil dalam waktu seminggu.

Jenis Ambeien

Dikutip dari laman healthline, ada 2 jenis utama ambeien. Yaitu ambeien internal dan eksternal, berikut penjelasannya:

Ambeien/wasir internal
Wasir jenis ini berada di di dalam rektum dan mungkin tidak terlihat. Wasir internal dapat berdarah selama dan setelah buang air besar. Pasien mungkin tidak merasakan nyeri karena wasir ini berada lebih tinggi di dalam rektum

Areal ini memiliki lebih sedikit reseptor nyeri. Namun, wasir ini dapat terdorong keluar melalui anus saat buang air besar. Alhasil, ini dapat memicu rasa sakit, gesekan, dan pendarahan.

Ambeien/wasir eksternal
Pasien jenis wasir ini mungkin akan merasakan tekanan, ketidaknyamanan, atau rasa sakit yang tajam saat duduk. Pasien juga merasakan nyeri atau ketidaknyamanan saat buang air besar atau saat menyeka area tersebut.

Penyebab Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang menyerang anus dan rektum. Dilansir healthline, ambeien umumnya disebabkan oleh tekanan akibat mengejan saat buang air besar.

Hal ini dapat terjadi jika pasien menderita sembelit jangka panjang atau bahkan terlalu banyak duduk. Selain itu bagi beberapa wanita, hamil dan melahirkan dapat meningkatkan risiko ambeien.

Ambeien umumnya dialami pasien berumur 50 tahun atau lebih. Namun jangan salah, penyakit ini juga bisa menjangkit anak maupun remaja loh Detikers.

Ciri-Ciri Ambeien

Mungkin, Detikers sering merasakan gejala-gejala seperti di bawah ini namun tidak sadar itu adalah ciri-ciri ambeien. Yuk kenali ciri-cirinya:
  • Pendarahan atau bercak (sering kali tidak menimbulkan rasa sakit)
  • Anus terasa panas atau terbakar saat buang air besar
  • Ketidaknyamanan saat buang air besar
  • Timbul rasa gatal di sekitar anus
  • Nyeri saat buang air besar
  • Pembengkakan di sekitar anus
  • Dalam beberapa kasus, perut masih terasa penuh dan tidak nyaman walau sudah buang air besar.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Daftar 13 Cara Mengobati Ambeien, Ada yang Cuma Butuh 10-15 Menit"