Hagia Sophia

27 March 2023

Ifan Seventeen Tidak Menyadari Kalau ada Tumor di Kepala

Foto: Instagram @ifanseventeen

Ifan Seventeen baru-baru ini mengabarkan dirinya mengidap tumor di kepala. Vokalis Seventeen itu awalnya tak menyadari ada benjolan dan mengira ada sebagian rambut di kepalanya yang mengalami kebotakan.

Namun saat tengah potong rambut, Ifan terkejut lantaran bagian kebotakan tersebut ternyata benjolan yang terus membesar.

"Jadi memang ada benjolan di kepalaku, dan itu kategorinya tumor, tapi alhamdulillah itu tumor jinak," ungkap Ifan Seventeen di kawasan Cibubur, Minggu (26/3), dikutip dari InsertLive.

"Tahunya itu baru sebenarnya, mungkin belum sampai sebulan kayaknya, itu di kepalaku dan lumayan gede," cerita Ifan.

Imbas benjolan tersebut, Ifan langsung memutuskan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apa sebenarnya benjolan yang ada di kepalanya.

Ia juga memutuskan untuk menjalani tindakan operasi pengangkatan tumor yang ada di kepalanya, meski dokter yang melakukan penanganan berujar bahwa sebetulnya Ifan tidak perlu sampai melakukan operasi karena tumor tersebut masuk kategori jinak.

"Aku nggak ada gejala, nggak pusing, nggak gatal juga, tidak menyebabkan efek apapun, dokternya bilang 'ini nggak dioperasi juga nggak apa-apa, cuma lebih baik kalau dioperasi'," kata Ifan.

"Jadi pada saat itu juga aku memutuskan ini untuk dibuang aja, dioperasi aja, karena aku merasa kayak ini tuh bom waktu, ada ketakutan gitu, takutnya yang tadi jinak nanti malah tidak jinak lagi, itu sih yang aku takutkan," tutupnya.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, tumor adalah massa atau kelompok sel abnormal yang terbentuk di dalam tubuh. Tumor dapat terbentuk di seluruh tubuh dan mempengaruhi tulang, kulit, jaringan (tissue), kelenjar, organ, hingga otak. Kata lain dari tumor yakni 'neoplasma'.

Terdapat tiga jenis tumor, yakni tumor ganas atau bersifat kanker (cancerous), tumor jinak atau bukan kanker (noncancerous), dan tumor prakanker yang bisa menjadi kanker jika tidak diobati.

Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya tumor, antara lain:
  • Mutasi gen (perubahan), seperti mutasi gen BRCA (kanker payudara).
  • Kondisi bawaan, seperti sindrom Lynch dan neurofibromatosis (NFS).
  • Riwayat keluarga dengan jenis kanker tertentu seperti kanker payudara atau kanker prostat.
  • Merokok, termasuk paparan asap rokok.
  • Paparan racun seperti benzena atau asbes.
  • Paparan radiasi sebelumnya.
  • Virus seperti HPV.
  • Mengalami obesitas.




















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ifan Seventeen Curhat Tak Sadar Idap Tumor di Kepala: Nggak Ada Gejala"