Hagia Sophia

27 March 2023

Menu Sahur Bila Bangun Sudah Dekat Waktu Imsak dari Dokter Spesialis Gizi

Menu Sahur Kilat ala Dokter Gizi, Cocok Saat Kebangun Mepet Imsak! (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)

Sebelum berpuasa, orang mengisi energi saat sahur. Pada waktu tersebut, tubuh diisi dengan berbagai macam asupan agar kuat menjalani puasa di siang hari. Namun, sebagian orang mungkin hampir melewatkan sahur karena telat bangun. Menu apa yang dianjurkan untuk sahur kilat?

Spesialis gizi dr Christopher Adrian, M Gizi, SpGK dari RS Siloam TB Simatupang mengatakan sahur bertujuan untuk memenuhi kebutuhan harian selama jam puasa. Oleh sebab itu, dalam setiap makan besar (sahur dan buka puasa) disarankan untuk makan dengan komposisi komplit dan seimbang. Komposisi tersebut terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Sama halnya seperti sahur kilat. Komposisi menu pun harus seimbang meski makan dengan terburu-buru.

"Pilih saja. Karbohidrat, yang paling simpel apa? Roti gandum misalnya. Protein yang paling cepat kita konsumsi, telur. Tambahin sayuran, potongan tomat, potongan timun. Kita bikin omelette. Jadi tuh balance. Ada karbohidrat, protein, lemak, serat. Bikin deh sandwich. Tambah asupan susu dan 1 buah," kata dr Christopher ketika ditemui detikcom di RS Siloam TB Simatupang, Jumat (17/3/2023).

Ia menekankan hal paling penting dalam menu sahur dan buka puasa adalah komposisi makanan yang seimbang. Jika tidak, orang berisiko mengalami defisiensi protein dan kekurangan vitamin.

"Lama-lama rambutnya rontok, kulitnya kering karena asupan protein harian nggak tercukupi. Kalau cuman 1-2 kali doang nggak masalah. Tapi kalau dia selama 1 bulan seperti itu terus ujung-ujungnya lemas, sakit, imun tubuhnya menurun," lanjutnya.

Selain seimbang, dr Christopher menyarankan menu sahur berupa makanan padat. Ini bertujuan agar pengosongan lambung lebih lambat sehingga rasa lapar tidak datang dengan cepat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menu Sahur Kilat ala Dokter Gizi, Cocok Saat Kebangun Mepet Imsak!"