Hagia Sophia

27 March 2023

Suka Duka Seorang Dating & Relationship Coach yang Milih Childfree dalam Hidupnya

Curhat Kei Savourie Sempat Dikomplain Keluarga gegara Pilih Childfree. (Foto: Instagram @keisavourie)

Kei Savourie, seorang dating & relationship coach, adalah salah satu orang yang memutuskan untuk childfree. Ini adalah istilah yang mengacu pada pilihan seseorang atau pasangan untuk tidak memiliki anak, baik secara biologi, adopsi atau lainnya.

Memilih untuk menjadi childfree diakuinya menjadi pilihan yang tidak bisa diterima seluruh masyarakat Indonesia. Meski begitu, Kei Savourie memilih untuk tak repot menanggapi komentar netizen.

"Dibecandain aja, sih. Dibawa santai aja. Karena, 'kan, pendapat mereka enggak mempengaruhi hidup saya juga," ungkap pemilik akun Childfree Life Indonesia, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (26/3/2023).

Bukan hanya komentar netizen, pihak keluarga juga sempat pilihan Kei dan istri untuk tidak memiliki anak. Beruntungnya, kedua orang tuanya tidak memaksakan untuk memiliki momongan.

Pilihan untuk menjadi childfree bukanlah tanpa sebab. Kei menanggap bahwa memiliki anak adalah tanggung jawab moral di tengah kondisi dunia dewasa ini. Selain itu, Kei juga tak ingin menuntut anaknya untuk menjadi sumber kebahagiaan orang tua.

"Meskipun bekerja keras seumur hidupnya, sebagian besar orang tidak akan pernah punya cukup waktu, tenaga, dan uang untuk melakukan kedua hal tersebut. Makanya banyak orang tidak bahagia karena tidak pernah menikmati hidup, lalu menuntut anaknya untuk membahagiakan mereka," tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya @keisavourie.

"Saya dan pasangan memilih yang kedua. Kami ingin traveling keliling dunia, bisa bangun siang, bersenang-senang, dan berduaan ke mana-mana seperti masih pacaran, punya anak akan menghambat impian kami," lanjutnya.

Hingga kini, Kei aktif memberikan dukungan dan pemahaman terkait childfree. Melalui akun Instagram Childfree Life Indonesia, sering menjawab pertanyaan-pertanyaan netizen seputar childfree. Ia juga menyuarakan supaya masyarakat tidak mudah menghakimi mereka yang memilih pilihan tersebut.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Kei Savourie Sempat Dikomplain Keluarga gegara Pilih Childfree"