Hagia Sophia

02 April 2023

Akibat Wabah Salmonella, 12 Warga AS Ini Dirawat di RS CDC AS

Ilustrasi pasien dirawat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/sutichak)

Ada 12 orang mendadak sakit akibat salmonella, tiga di antaranya membutuhkan perawatan di rumah sakit Amerika Serikat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebut wabah salmonella ini kemungkinan besar berkaitan dengan tepung.

Pihaknya mendesak agar setiao orang tidak memakan atau bermain dengan tepung atau adonan mentah. Bahkan, menurut CDC, jumlah kasus bisa jadi lebih besar dari yang tercatat.

Sejauh ini, CDC belum mengidentifikasi merek tepung tertentu yang menjadi 'biang kerok' wabah salmonella.

Dikutip dari CNN, sebagian besar pasien mengatakan mereka telah memakan adonan mentah pada pekan lalu sebelum jatuh sakit. Kasus dilaporkan sepanjang Desember tahun lalu hingga pertengahan Februari.

Tepung adalah satu-satunya bahan umum dalam adonan mentah atau adonan yang dimakan.

"Sebagian besar tepung masih mentah dan belum diolah untuk membunuh kuman yang menyebabkan keracunan makanan," menurut CDC.

Pasalnya, bakteri Salmonella mati saat dimasak atau dipanggang, tetapi orang bisa sakit saat makan atau mencicipi makanan yang mengandung tepung mentah. Adonan mentah yang digunakan untuk kerajinan dan bermain tanah liat juga menimbulkan risiko.

Agar tetap aman, CDC merekomendasikan mengikuti resep atau instruksi paket untuk memasak kue dan makanan lain yang dibuat dengan tepung mentah sepenuhnya, dan menggunakan air hangat dan sabun untuk mencuci tangan, peralatan, meja, dan apapun yang bersentuhan dengan bahan mentah.

Bagaimana gejalanya?

Gejala infeksi salmonella meliputi diare, demam, dan kram perut yang dapat dimulai dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah mengonsumsi bahan terkontaminasi bakteri tersebut. Kebanyakan orang akan pulih dengan pengobatan tetapi harus segera mencari perhatian dari penyedia layanan kesehatan jika mereka memiliki gejala parah, gejala yang tidak membaik setelah beberapa hari atau munculnya tanda dehidrasi.

































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Duh, 12 Orang di AS Jatuh Sakit-Dirawat di RS, Kena Salmonella gegara Tepung"