Hagia Sophia

02 April 2023

Pakar Nutrisi: Stres Bisa Turunkan Gairah Seksual atau Libido

Gairah seks melempem (Foto: iStock)

Stres tak hanya mempengaruhi seseorang dalam menjalani kesehariannya, tetapi juga bisa mempengaruhi aktivitas seksualnya. Stres yang berlebih dapat membuat seseorang sulit untuk bisa menikmati intimasi dan merasakan gairah seksual.

Dikutip dari Global News, Kyle Buchanan, seorang praktisi nutrisi asal Toronto, menyebutkan bahwa stres adalah salah satu 'pembunuh' libido terbesar.

"Jika tubuh dalam kondisi stres sepanjang saat, hal terakhir yang diinginkan adalah untuk berhubungan seks," ucap Kyle.

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Akibatnya, produksi kortisol yang berlebih ini akan menghambat produksi hormon seks dalam tubuh, menyebabkan penurunan gairah seksual atau libido.

Sebuah riset yang dirilis oleh BodyLogicMD menunjukkan bahwa 51 persen responden mengalami permasalahan dalam berhubungan seksual akibat stres karena pekerjaan.

Kurangnya komunikasi dalam hubungan juga bisa menjadi faktor pemicu meningkatnya stres dan tekanan dalam suatu hubungan. Hal ini bisa turut menimbulkan kurangnya rasa terkoneksi dengan pasangan, rasa cemas yang berlebih, hingga depresi.

Menurut Susan Valentine, seorang psikoterapis asal Toronto, mengelola stres akan menjadi lebih mudah ketika seseorang merasa terkoneksi dengan pasangannya.

"Ketika terkoneksi dengan pasangan, akan lebih mudah untuk mengelola stres dari pekerjaan atau stres apapun. Jadwalkan kencan bersama pasangan setidaknya secara rutin per minggu dan jangan ingkari tanggal itu," jelas Susan.

Selain koneksi secara emosional, koneksi secara fisik juga tak kalah penting. Di pagi atau siang hari, seperti saat sebelum berangkat kerja, koneksi ini juga dapat dibangun secara fisik. Misal, dengan memberikan pelukan kepada pasangan ketika hendak pergi bekerja.

Kyle juga merekomendasikan sejumlah bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengembalikan gairah seksual, yaitu cokelat dan kacang pistacio.































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Masih Muda, Gairah Seks Melempem? Paling-paling Ini Biang Keroknya"