Hagia Sophia

02 April 2023

Dokter: Menghindari Lapar Saat Puasa dengan Tidur Seharian Tidak Akan Efektif

Tidur seharian saat puasa nggak bakal mengusir lapar (Foto: iStock)

Pernah terpikir untuk menghindari lapar saat puasa dengan cara tidur seharian? Sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut, karena dokter bilang trik ini tidak efektif!

"Menghindari lapar saat puasa dengan tidur seharian tidak efektif dan tidak dianjurkan," kata dr Radite Nusasenjaya, MKK, SpOk, praktisi kesehatan kerja dan kesehatan tidur RS Primaya Bekasi Timur.

"Lebih baik menggunakan waktu saat puasa dengan cara yang produktif seperti bekerja atau menjalankan aktifitas keagamaan," sarannya, Minggu (26/3/2023).

Menurut dr Radite, tidur lebih dari 9 jam dalam sehari dapat didefinisikan sebagai tidur berlebihan. Kondisi ini juga bisa menjadi tanda awal gangguan tidur yang disebut hipersomnia.

"Perlu diperiksa lebih mendalam untuk mengetahui penyebabnya, apakah karena kurang tidur atau karena penyakit," jelas dr Radite.

Sama seperti kurang tidur, kelebihan tidur juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Di antaranya bisa meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung koroner, diabetes, serta penurunan fungsi kekebalan tubuh.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tidur Seharian Tak Manjur Menunda Lapar Saat Puasa! Ini Wanti-wanti Dokter"