Hagia Sophia

02 April 2023

Miliarder China Ini Juga Lelang 6 Ribu Sel Telur Wanita Tanpa Vaksin COVID-19

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Jian Fan)

Miliarder atau taipan di China belakangan jadi sorotan lantaran melelang sperma pria dan sel telur wanita yang tidak divaksinasi COVID-19. Pelelangan itu rencananya dilakukan melalui platform online, Gettr, Juni 2023.

Sosok Guo Wengui ini dikenal sebagai antivaksin COVID-19 yang mempercayai asal muasal munculnya virus merupakan kebocoran di laboratorium. Ia melakukan pelelangan ini disebut atas dasar kemanusiaan, lantaran sperma dan sel telur dari mereka yang divaksinasi COVID-19 diklaim mandul.

Guo terang-terangan menyebut adanya gangguan kesuburan pada orang-orang yang sudah menerima vaksin COVID-19. Padahal, sampai saat ini nihil satu riset pun yang menunjukkan fakta tersebut.

"Kami akan melelang sperma dan sel telur terbaik, termasuk tentu saja sperma saya sendiri," katanya, seraya menambahkan bahwa perdagangan akan diizinkan dalam mata uang digital dan terbuka untuk semua ras dan etnis, dikutip dari AFP.

Klaim Kantongi 6 Ribu Sel Telur

Guo mengklaim sudah mengantongi jutaan sperma dan hampir enam ribu sel telur untuk dilelang. Pernyataannya menuai berbagai reaksi publik.

Ada yang minat mengikuti, adapula beberapa di antaranya yang meragukan klaim Guo Wengui. Editor kesehatan di NewsGuard pelelangan itu hanya akan diminati mereka yang memercayai teori konspirasi.

Sementara fakta sebenarnya, vaksinasi COVID-19 sama sekali tak berpengaruh pada kesuburan seseorang. Bukti tersebut juga dipublikasikan jurnal Vaccine. Para peneliti menguji potensi efek vaksin COVID-19 terhadap kesuburan pria dan wanita.

Secara keseluruhan, temuan penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara vaksinasi COVID-19 dan gangguan kesuburan pada wanita dan pria.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bukan Cuma Sperma, Taipan China Juga Lelang 6 Ribu Sel Telur Wanita Tak Divaksin"