Hagia Sophia

02 April 2023

Liga Inggris: Chelsea Kalah dari Aston Villa 0-2

Chelsea kalah 0-1 dari Aston Villa di kandang sendiri. (Foto: Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA)

Chelsea gagal menyenangkan pendukungnya. The Blues dipaksa mengakui keunggulan tim tamu, Aston Villa, dengan skor akhir 2-0.

Chelsea menjamu Aston Villa di Stamford Bridge dalam lanjutan Premier League, Sabtu (1/4/2023). Kemenangan the Villans ditentukan oleh gol-gol Ollie Watkins dan kapten John McGinn di masing-masing babak.

Hasil ini mengakhiri laju tidak terkalahkan Chelsea setelah meraih dua kemenangan dan sekali seri dalam tiga pertandingan liga terakhirnya. Dengan demikian, tim London Barat itu melorot ke urutan 11 klasemen usai mengumpulkan 38 poin, tertinggal 11 poin dari Tottenham Hotspur di empat besar.

Sementara itu Aston Villa naik dua peringkat untuk menempati posisi sembilan dengan 41 poin, terpaut enam poin saja dari Newcastle United di zona kompetisi Eropa.

Jalannya Pertandingan

Chelsea nyaris diuntungkan dengan blunder Emiliano Martinez di menit keenam. Kiper Aston Villa itu mengoper kepada Boubacar Kamara, tapi bisa dipotong Mikhaylo Mudryk. Penyerang Ukraina tersebut melepaskan tembakan dari jarak dekat, tapi Martinez bereaksi dengan cepat untuk menghalau.

Serangan Chelsea dipatahkan Aston Villa. Umpan Mateo Kovacic membebaskan Joao Felix, Mudryk, dan Kai Havertz di depan. Ezri Konsa membuat tekel krusial untuk memotong sepakan Havertz, yang berpotensi menjadi gol.

Selanjutnya Aston Villa menciptakan peluang berbahaya. Jacob Ramsey sukses menjaga bola di sayap kiri sebelum mengoper kepada Emiliano Buendia di kotak penalti. Kerja sama Buendia dengan John McGinn di tepi kotak penalti diakhiri dengan sepakan voli yang menghantam mistar gawang Chelsea.

GOOL! Aston Villa akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-18. Ollie Watkins mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Aston Villa memaksimalkan blunder Marc Cucurella saat menghalau umpan panjang dari belakang. Bola itu jatuh ke depan, di jalur Watkins yang kemudian diselesaikan dengan tembakan lob melewati atas kepala Kepa Arrizabalaga.

Chelsea merespons lewat aksi individu Joao Felix yang diakhiri dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Emiliano Martinez masih sigap menangkis sepakan Felix.

Sebuah peluang emas dilewatkan Chelsea setelah Mudryk dalam situasi satu lawan satu dengan Martinez. Namun, tembakannya dengan mudah ditangkap kiper Argentina itu. Peluang bagus lainnya dari Ben Chilwell namun tembakannya dari sudut sempit cuma mengenai tiang gawang Aston Villa.

Jelang turun minum, Emi Martinez kembali menggagalkan peluang bagus Chelsea. Crossing Ruben Loftus-Cheek dari sayap kanan diteruskan Havertz dengan sepakan kaki kiri di dalam kotak penalti. Martinez menepis bolanya ke luar lapangan.

Chelsea sempat mencetak gol balasan dari sundulan Ben Chilwell di injury time. Namun, gol itu dianulir karena ada pelanggaran lebih dulu. Keunggulan Aston Villa 1-0 bertahan sampai turun minum.

Chelsea langsung menekan Aston Villa setelah kickoff babak kedua. Sepakan Chilwell melayang tipis di atas mistar gawang Emi Martinez. Kemudian kerja sama Enzo Fernandez dengan Chilwell diakhiri dengan tembakan meski bola hanya bergulir di depan gawang lawan.

Di tengah tekanan tim tuan rumah, Aston Villa justru mencetak gol keduanya. McGinn mengubah kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-56.

Chelsea menyapu sebuah sepak pojok dari sayap kiri, lalu bola dikuasai Jacob Ramsey. Sodorannya kepada McGinn diteruskan dengan tembakan kaki kiri akurat yang menaklukkan penjagaan Kepa Arrizabalaga.

Chelsea mengklaim penalti setelah tangan Tyrone Mings menyentuh bola yang sebelumnya dihalau Emiliano Martinez. Namun, wasit tidak menganggap insiden itu sebagai pelanggaran.

Pemain pengganti Chelsea N'Golo Kante membuat peluang bagus. Kerja sama Havertz dengan Noni Madueke membebaskan Kante di sisi kanan kotak penalti. Kante meneruskan dengan tembakan meski masih melenceng.

Chelsea terus berupaya mencetak gol balasan. Kerja sama satu-dua Kante dengan Madueke di sayap kanan diakhiri Kante dengan tembakan. Bola rebound jatuh di jalurnya lalu dioperkan pada Kovacic tapi sepakannya melambung.

Tempo permainan menurun jelang injury time. Chelsea gagal menciptakan gol sehingga kedudukan 2-0 untuk keunggulan Aston Villa bertahan sampai pertandingan selesai.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa, Koulibaly, Cucurella (Pulisic 80'), Chilwell, Reece James, Kovacic (Gallagher 80'), Loftus-Cheek (Kante 57'), Havertz, Mudryk (Madueke 57'), Enzo Fernandez, Joao Felix

Aston Villa: Emiliano Martinez, Young, Alex Moreno (Digne 89'), Mings, Konsa, McGinn, Buendia (Bailey 76'), Kamara (Chambers 46'), Douglas Luiz (Dendoncker 87'), Ramsey, Watkins
































Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Chelsea Vs Aston Villa: The Blues Takluk 0-2"