Hagia Sophia

05 April 2023

Ingin Minum Kopi Saat Sahur? Ini Saran Pakar

Foto: Shutterstock

Beberapa orang terbiasa meminum kopi di pagi untuk mendongkrak stamina dan produktivitas sepanjang hari. Yang sering menjadi pertanyaan di bulan Ramadan, bolehkah meminum kopi saat sahur? Sebab sering terdengar, kopi disebut-sebut memicu naiknya asam lambung.

Menanggapi hal tersebut, pakar nutrisi dari RS Royal Progress, dr Beatrice Anggono, SpGK menjelaskan dampak yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi kopi di pagi hari saat sahur.

"Ada efek diuretiknya jadi meningkatkan risiko dehidrasi," ucap dr Beatrice saat dihubungi detikcom pada Jumat, (24/3/2023).

Selain meningkatkan risiko dehidrasi, konsumsi kopi saat sahur juga perlu diseimbangkan dengan konsumsi cairan lainnya yang cukup, seperti air putih. Riwayat penyakit tertentu juga perlu dijadikan perhatikan sebelum mengonsumsi kopi.

"Kalau misalnya mau minum kopi kita tunjang juga dengan minuman cairan yang cukup terus kemudian lihat juga ada riwayat penyakit nggak seperti GERD. Sebaiknya kalau ada (riwayat penyakit) menghindari minum kopi saat sahur," tambahnya.

Sebagai gantinya, dr Beatrice merekomendasikan sejumlah cara yang bisa diterapkan saat sahur untuk menjaga tubuh tetap segar sepanjang hari. Tak lain, dengan mengkonsumsi cukup air putih.

"Minum air putih sebenernya. Jadi harus cukup. Mungkin sekarang banyak ya kata-kata '2-4-2'. Jadi minum air 2 saat sahur, 4 gelas saat berbuka, kemudian bisa 2 gelas lagi saat tawarih dan sebelum tidur. Ini minimal harus dipenuhi jadi nanti bisa bantu bugar pada saat berpuasa," jelas dr Beatrice.

Selain memperhatikan asupan cairan, asupan makanan saat sahur juga memegang peran yang penting.

"Pada saat sahur itu harus lengkap. Jadi ada karbohidrat. Kita pilih karbohidrat yang kompleks karena dia akan bertahan lebih lama sehingga tidak mudah lapar," ungkapnya.

"Jadi bisa pilih nasi yang berwarna dibanding nasi putih. Atau roti gandum dibanding roti putih. Terus sayuran juga akan membuat kita kenyang lebih lama," pungkasnya

Lebih lanjut, ia juga menganjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam karena akan menyerap cairan dalam tubuh dan membuat tubuh lebih cepat haus.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ingin Ngopi saat Sahur biar Puasa Nggak Lemas? Boleh Sih, tapi Ini Kata Dokter"