Hagia Sophia

05 April 2023

Mungkinkah Patah Tulang Bisa Diatasi Tanpa Operasi Seperti Ida Dayak? Ini Kata Dokter

Pengobatan Ida Dayak diklaim dapat menyembuhkan patah tulang tanpa operasi. Dokter ortopedi menjelaskannya secara medis. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn)

Pengobatan Ida Dayak belakangan viral dan digandrungi banyak orang. Banyak pasien yang rela datang dari luar kota lantaran berharap kesembuhan dari pengobatan Ibu Ida Dayak.

Adapun pengobatan Ida Dayak ini diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk patah tulang tanpa operasi. Ida hanya menggunakan minyak khusus yang disebut sebagai 'minyak bintang' danrapalan doa-doa untuk mengatasi kondisi pasien.

Terkait patah tulang tanpa operasi, konsultan bedah tangan Mayapada Hospital, dr Oryza Satria, SpOT, menjelaskan sebenarnya memang tak semua patah tulang itu harus dioperasi.

Menurutnya, memang ada beberapa jenis patah tulang tertentu yang membutuhkan operasi, namun itu tergantung dari letak tempat tulang mengalami kepatahan, seberapa parah kondisi tersebut, dan kebutuhan dari pasien.

"Misalnya pada pasien high demand yang seperti atlet, itu kita mesti agresif untuk melakukan terapi karena dia butuh penanganan cepat," tuturnya dalam tayangan detikPagi, Rabu (5/4/2023).

Sementara patah tulang yang tak dioperasi bisa diatasi dengan sejumlah terapi, termasuk dipasang spalk dan lain-lain.

"Dari sisi kedokteran di bidang ortopedi, tidak semua patah tulang itu dioperasi. Jadi kita hanya melakukan operasi itu pada jenis patah tulang tertentu," tuturnya lagi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Atasi Patah Tulang Tanpa Operasi seperti Ida Dayak? Ini Penjelasan Medisnya"