Hagia Sophia

05 April 2023

Amankah Erythritol Dikonsumsi Sebagai Pengganti Gula?

Foto: Shutterstock

Tak kenal, maka tak sayang tak hanya berlaku saat berbicara tentang sesama manusia. Namun hal yang sama juga berlaku saat bicara tentang bahan pada makanan seperti erythritol.

Bagi mereka yang belum mengenal erythritol mungkin masih ragu untuk mengonsumsi bahan makanan yang satu ini. Namun, erythritol sudah terbukti aman dan disetujui penggunaannya di bahan pangan oleh berbagai lembaga regulasi dunia.

Erythritol merupakan pemanis pengganti gula yang sudah digunakan pada berbagai produk makanan dan minuman di Jepang sejak tahun 1990. Erythritol dapat ditambahkan dalam berbagai olahan makanan, seperti permen, cokelat, minuman ringan, dan selai.

Selain itu, erythritol juga dapat digunakan sebagai gula rendah kalori untuk menggantikan gula pasir. Dengan rasa manis yang serupa gula pasir, erythritol mengandung kalori yang sangat kecil. Bahkan karena kandungan kalorinya yang sangat kecil, bahan yang satu ini umum dikenal sebagai pemanis nol kalori.

Konsumsi erythritol juga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah, seperti terlihat pada data penelitian yang dipublikasikan pada European Journal of Clinical Nutrition.

Sebelum mendapatkan izin penggunaan pada bahan pangan, penggunaan erythritol tentunya sudah melewati berbagai pengujian keamanan yang menyeluruh dan sudah terbukti aman dikonsumsi. Faktanya, erythritol merupakan pemanis pada bahan pangan yang sudah disetujui oleh berbagai badan pengawas makanan di dunia, misalnya U.S. Food and Drug Administration (FDA) dan European Food Safety Authority (EFSA).

Tidak hanya itu, erythritol kini sudah disetujui di lebih dari 60 negara termasuk Jepang, Brasil, Kanada, Australia, Indonesia, Meksiko, hingga New Zealand.

Menariknya, erythritol juga dapat ditemukan secara alami pada beberapa jenis makanan dan minuman. Misalnya pada beberapa jenis buah, seperti semangka, melon, pir, dan anggur. Selain pada buah, erythritol juga dapat ditemukan pada produk-produk pangan fermentasi, seperti kecap, keju, dan miso bean paste. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan erythritol!





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengenal Erythritol Si Manis Pengganti Gula, Amankah?"