Hagia Sophia

15 April 2023

Olahraga Saat Puasa Akan Membuat Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

Puasa bukan alasan skip olahraga. (Foto: Shutterstock)

Melaksanakan ibadah puasa bagi umat muslim merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini berarti, tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kurang lebih 13 jam dari matahari terbit hingga matahari tenggelam.

Sebagian orang selama melaksanakan ibadah puasa, lebih memilih untuk bermalas-malasan. Hal ini karena tidak ada asupan gizi yang membuat tubuh kekurangan energi dalam beraktivitas. Namun, olahraga bukanlah hal yang tidak diperbolehkan saat puasa. Justru, olahraga saat puasa membantu tubuh lebih sehat dan bugar, selama dilakukan dengan waktu dan jenis olahraga yang tepat.

Menurut ahli gizi, Mifta Novikasari, SP, MKM pola aktivitas selama berbulan puasa memiliki perubahan, khususnya berolahraga. Biasanya, sebagian orang merasa bahwa olahraga tidak cukup penting saat sedang berpuasa.

"Jangan lupa tetap berolahraga karena olahraga walaupun di bulan ramadan, nggak kemudian libur dan juga perlu diingat adalah, olahraga di bulan ramadan sebaiknya melakukan olahraga yang biasa dilakukan di bulan lainnya," kata Mifta Novikasari, SP, MKM ketika ditemui detikcom di kawasan Jakarta pada Senin (10/4/2023).

Mifta juga menambahkan, jika olahraga diperbolehkan saat puasa. Apalagi, olahraga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, berolahraga juga memiliki manfaat untuk penurunan berat badan.

"Jadi ketika Ramadan jangan coba-coba untuk ganti cabang olahraga ya. Lakukan saja biasa yang dilakukan, kecuali berenang karena membatalkan puasa," tambahnya

Selama berpuasa, dianjurkan untuk melaksanakan olahraga sesuai dengan kemampuan diri dan intensitas yang berkurang. Namun, lakukan secara teratur dan terukur. Biasanya, waktu untuk melakukan olahraga adalah menjelang berbuka puasa atau malam hari. Sebagian orang juga melakukan olahraga satu jam setelah sahur. Hal tersebut juga diperbolehkan untuk dilaksanakan karena tubuh masih memiliki energi.

"Olahraga yang bisa dilakukan saat ramadan yaitu lari, jalan selama 30 menit, bersepeda dengan ringan, naik turun tangga, kemudian olahraga beban dengan pilates cukup empat variasi dan repetisinya kurangi," tutupnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Kendor! Puasa Bukan Alasan Absen Olahraga"