Hagia Sophia

15 April 2023

Wabah Jamur Langka Menyerang Hampir 100 Pekerja di AS

Wabah jamur mematikan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)

Baru-baru ini heboh wabah jamur langka yang membuat hampir 100 pekerja sakit di pabrik kerta di Michigan, Amerika Serikat. Tercatat ada 93 kasus yang terdiri dari terkonfirmasi dan probable blastomikosis.

Sebanyak 19 orang dari kasus tersebut telah dikonfirmasi mengidap blastomikosis. Sementara 74 lainnya dengan kasus probable, yang berarti orang tersebut memiliki gejala blastomikosis dan tes antigen atau antibodi positif.

Blastomycosis disebabkan oleh jamur, Blastomyces, yang hidup di lingkungan, terutama di tanah yang lembab dan bahan yang membusuk seperti kayu atau daun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Jamur ini kerap ditemukan di Midwest dan Selatan, khususnya di sekitar sungai Ohio, serta Mississippi dan Great Lakes.

Hanya ada satu atau dua kasus per 100.000 orang setiap tahun di negara bagian Amerika Serikat yang melaporkan blastomikosis menurut CDC. Satu analisis menemukan sebanyak 1.216 kematian terkait penyakit tersebut dari tahun 1990 hingga 2010.

Orang dapat menghirup spora jamur mikroskopis ini, dan meskipun kebanyakan dari mereka tidak sakit, beberapa akan mengalami gejala seperti demam atau batuk antara tiga minggu dan tiga bulan kemudian.

Gejala lain mungkin termasuk nyeri dada, kesulitan bernapas, keringat malam, kelelahan, penurunan berat badan, dan nyeri otot atau persendian. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebar ke luar paru-paru ke tempat-tempat seperti kulit, tulang, otak, dan sumsum tulang belakang.

Blastomikosis tidak menyebar dari orang ke orang. Kondisi ini dapat diobati dengan obat antijamur yang harus diminum untuk jangka waktu mulai dari enam bulan hingga satu tahun, tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan.

"Meskipun sumber infeksi belum diketahui, kami terus menangani masalah ini dengan sangat serius dan mengikuti rekomendasi dari pejabat kesehatan dan pemerintah serta menerapkan berbagai langkah proaktif untuk melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan, kontraktor, dan pengunjung kami," Wakil Presiden Operasi Billerud Escanaba Mill Brian Peterson mengatakan dalam sebuah pernyataan dari departemen kesehatan, dikutip dari CNN.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngeri! Wabah Penyakit Jamur Langka 'Serang' Hampir 100 Orang di AS"