Hagia Sophia

20 May 2023

Akibat Informasi yang Tidak Benar, Banyak Warga Ghana Belum Imunisasi

Ghana Health Service, William Opare dari Expanded Programme on Immunization (Foto: Suci Risanti Rahmadania/DetikHealth)

Ternyata keengganan warga membawa anak untuk mendapat imunisasi di fasilitas kesehatan tak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di Ghana, Afrika. Negara tersebut hingga saat ini berjuang memberikan sosialisasi hingga mendorong para orang tua untuk membawa anak untuk diimunisasi.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ghana Health Service, William Opare dari Expanded Programme on Immunization. Menurutnya, salah satu penyebab keengganan orang tua membawa anaknya imunisasi yaitu beredar rumor dan informasi yang tak benar terkait vaksin di kalangan masyarakat. William tak menyebut lebih spesifik rumor apa yang dimaksud.

"Kami juga memiliki apa yang kami sebut 'keragu-raguan', di mana beberapa orangtua tidak bersedia membawa anaknya untuk imunisasi," ungkap William kepada detikcom saat ditemui di Posyandu Erma, Kelurahan Ledeng, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023).

"Kami juga punya rumor di sini, jadi seseorang akan berkata tidak benar, kemudian menyebar luas dan menyebabkan semua orang membahas rumor itu," sambungnya lagi.

Selain rumor vaksin, tantangan yang dihadapi berikutnya berupa sulitnya terjangkau masyarakat yang tinggal di pelosok.

Meskipun banyak rintangan yang membuat para orang tua di Ghana tak mau membawa anaknya imunisasi, William menegaskan, pelaksanaannya tetap berjalan. Pemerintah juga mengupayakan ketersediaan vaksin atau antigen melalui bantuan UNICEF dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI).

Tak hanya itu, William Opare dan anggota delegasi Kementerian Kesehatan Ghana lainnya juga tak segan-segan belajar praktik imunisasi dari Indonesia demi meningkatkan pelayanan imunisasi di negara tersebut.

"Apa yang kami lakukan? Nah, itulah tujuan kami datang ke Indonesia, untuk mempelajari praktik-praktik terbaik di sini sehingga kami dapat melihat juga peningkatan peningkatan sekaligus membandingkan pelaksanaan imunisasi kami dengan yang ada di Indonesia," imbuhnya lagi.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Cuma di Indonesia, Hoax Vaksin Juga Bikin Warga Ghana Takut Imunisasi"