Hagia Sophia

20 May 2023

Puncak Kematian COVID-19 Arcturus DKI Diyakini Sudah Terlewati

Situasi pandemi di DKI Jakarta. (Foto: Agung Pambudhy)

Puncak kematian COVID-19 varian Arcturus di DKI Jakarta diyakini sudah terlewati minggu lalu. Kini, tren kasus juga tercatat mengalami penurunan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Ngabila Salama.

"Dalam empat hari terakhir, tanggal 15 sampai 18 Mei 2023, terdapat 518 kasus positif baru dan 6 kasus kematian baru. Jika dibandingkan pada periode yang sama minggu lalu, terdapat 12 kasus positif baru dan 1.942 kematian baru," jelas dr Ngabila kepada detikcom Jumat (19/5/2023).

"Artinya kondisinya sudah jauh membaik dan lebih terkendali," sambungnya.

Meski terdapat penurunan kasus yang cukup signifikan dan status kedaruratan COVID-19 global sudah resmi dicabut oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak menutup kemungkinan peningkatan kasus COVID-19 tetap dapat terjadi secara periodik, dalam tiga sampai enam bulan sekali, layaknya kasus influenza atau penyakit menular musiman lain.

"Data Long COVID pada anak dan dewasa juga minim. Kematian pada anak dengan COVID-19 sangat rendah tahun 2023, 0,16 persen dari total kematian," paparnya lebih lanjut.

dr Ngabila tetap mengimbau masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Ia juga mendorong masyarakat untuk melengkapi kewajiban vaksinasi lengkap untuk mencegah komplikasi dan kematian.

"Cukup makan, tidur, olahraga, dan tidak stres, cegah komplikasi dan kematian dengan vaksinasi lengkap dan deteksi dini, serta kontrol komorbid rutin dengan obat-obatan," jelasnya.

Terkait stok vaksin COVID-19 di DKI Jakarta saat ini, pemerintah menyediakan merek Indovac dan Zifivax untuk vaksinasi dosis 1, 2, booster pertama, hingga booster kedua bagi usia 18 tahun ke atas. Mengenai vaksinasi, dr Ngabila menyarankan ibu hamil untuk menunda vaksinasi karena belum adanya cukup data yang bisa memastikan keamanannya.

"Vaksinasi tersedia di 44 puskesmas kecamatan, puskesmas kelurahan di Jakarta dan lokasi vaksin lainnya yang bekerja sama dengan puskesmas. Untuk lokasi, dapat dilihat di Instagram @dinkesdki," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Puncak Kematian COVID-19 Varian Arcturus DKI Diprediksi Sudah Lewat Pekan Lalu"