Hagia Sophia

14 May 2023

Berikut Ini Lagu yang Aman Didengarkan Saat Mengemudi, Ada Coldplay

Studi ungkap lagu-lagu Coldplay cocok didengarkan saat berkendara. (Foto: Getty Images via AFP/THEO WARGO)

Coldplay dikonfirmasi bakal manggung di Indonesia 15 November mendatang. Penjualan tiket akan dimulai tanggal 17-19 Mei 2023.

Estimasi tiket tersedia lebih dari 50 ribu, banyak fans yang tak sabar menanti kedatangannya. Tak heran, sebuah riset juga menganalisis efek mendengarkan lagu Coldplay. Salah satunya manfaat mendengarkan lagunya di tengah berkendara.

Dikutip dari ABCNews, para peneliti di Universitas Metropolitan London telah menganalisis eksperimen oleh situs web di Inggris, Confused.com, yang menunjukkan lagu terbaik dan terburuk untuk dikendarai.

Dari lagu yang didapat, empat pengendara pria dan empat wanita masing-masing berkendara dengan playlist tersebut secara berbeda, sejauh 250 mil, termasuk lagu Coldplay.

"Musik yang berisik, ceria, meningkatkan detak jantung Anda, adalah campuran yang mematikan. Detak cepat dapat menyebabkan kegembiraan dan gairah yang dapat membuat orang lebih berkonsentrasi pada musik ketimbang jalanan," kata psikolog LMU Dr. Simon Moore setelah meninjau rekaman driver.

"Selain itu, tempo yang cepat dapat menyebabkan orang secara tidak sadar mempercepat untuk menyamai irama lagu tersebut."

Saat mendengarkan hip hop, seorang pengemudi wanita lebih agresif di belakang kemudi, berakselerasi lebih cepat dan mengerem di menit-menit terakhir. Daftar putar heavy metal menyebabkan salah satu pengemudi pria menambah kecepatan.

Moore mengatakan bahwa tempo lagu yang optimal untuk berkendara aman harus meniru detak jantung manusia, yakni sekitar 60 hingga 80 detak per menit.

"Jadi untuk berkendara yang lebih aman, dengarkan aksi seperti Norah Jones, Elton John, dan Coldplay, tapi semoga Anda menikmatinya."

Meski begitu, sebaiknya tidak dipaksakan jika memang lagu yang didengarkan malah memicu stres.

"Mendengarkan musik yang tidak Anda sukai dapat menyebabkan stres dan gangguan, dan ini juga berdampak negatif pada mengemudi," kata Moore.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa 10 lagu paling aman didengarkan saat berkendara adalah:
  • Come Away With Me - Norah Jones
  • Billionaire Feat. Bruno Mars - Travie McCoy
  • I'm Yours - Jason Mraz
  • The Scientist - Coldplay
  • Tiny Dancer - Elton John
  • Cry Me a River - Justin Timberlake
  • I Don't Want to Miss a Thing - Aerosmith
  • Karma Police - Radiohead
  • Never Had a Dream Come True - S Club 7
  • Skinny Love - Bon Iver





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Studi Ungkap Lagu Coldplay Jadi Musik yang Aman Didengarkan saat Berkendara"