Hagia Sophia

14 May 2023

Liga Italia: Inter Milan Kalahkan Sassuolo 4-2

Romelu Lukaku cetak dua gol, Inter Milan kalahkan Sassuolo 4-2 (AP/Antonio Calanni)

Drama enam gol tercipta saat Inter Milan mengalahkan Sassuolo 4-2. Romelu Lukaku jadi pahlawan lewat dua golnya.

Pada pertandingan di Giuseppe Meazza, Minggu (14/5/2023) dini hari WIB, Inter unggul tiga gol duluan lewat Lukaku, gol bunuh diri Ruan, dan Lautaro Martinez.

Sassuolo bangkit dengan dua gol dari Matheus Henrique dan Davide Frattesi. Gol kedua Lukaku memastikan tiga poin Inter dan membuat klub itu naik ke posisi ketiga klasemen Serie A dengan 66 poin dari 35 laga, kalah head-to-head dari Juventus di urutan kedua.

Sassuolo dengan 44 poin di posisi ke-13.

Jalannya pertandingan

Inter merotasi timnya usai kemenangan atas AC Milan di Liga Champions tengah pekan kemarin. Lukaku dan Joaquin Correa dipasang di lini depan, dengan Samir Handanovic jadi kiper menggantikan Andre Onana.

Baik Inter maupun Sassuolo masih kesulitan untuk menciptakan peluang bersih di 10 menit pertama. Sassuolo sempat mencetak gol lewat Domenico Berardi pada menit ke-11 saat mencocor bola umpan silang di tiang jauh.

Tapi, gol itu dianuli VAR karena Armand Lauriente yang memberikan assist sudah terjebak offside. Begitu peluang dengan gol Inter empat menit kemudian yang dibatalkan VAR karena Federico Dimarco sudah terjebak offside, saat memberikan umpan untuk dicocor Correa.

Inter benar-benar kesulitan mencari peluang bersih di 30 menit pertama pertandingan ini. Satu kans didapat lagi oleh Correa pada menit ke-36 lewat tandukan meneruskan umpan silang Federico Dimarco, namun masih melayang.

Kebuntuan pecah pada menit ke-41 saat Lukaku mencatatkan namanya di papan skor. Umpan panjang Danilo D'Ambrosio menemui Lukaku di depan kotak penalti dan sambil membelakangi lawan, dia memutar badan.

Gol Romelu Lukaku membuka keunggulan Inter Milan (Foto: Inter via Getty Images/Mattia Ozbot - Inter)

Setelahnya, Lukaku melepaskan sepakan kaki kiri keras ke pojok kiri atas gawang Andrea Consigli. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Inter langsung tancap gas untuk mendapatkan gol kedua secepatnya. Pada menit ke-55, Inter memperbesar keunggulan jadi 2-0 lewat gol bunuh diri Ruan.

Bola crossing mengarah ke sisi kanan yang ditempati Raoul Bellanova. Meski dikawal lawan, Bellanova coba menembak dan bola membentur Ruan sebelum masuk ke gawang Consigli.

Tiga menit kemudian Ruan kembali berandil dalam lahirnya gol ketiga Inter. Kali ini Ruan membelokkan sepakan keras Lautaro Martinez dan bola melambung melewati Consigli.

Lautarto Martinez membuat skor jadi 3-0 (Foto: AFP via Getty Images/GABRIEL BOUYS)

Matheus Henrique membuat Sassuolo memperkecil skor pada menit ke-63 ketika menanduk bola umpan silang Berardi di muka gawang dan Handanovic tak berkutik.

Sassuolo kembali memangkas skor menjadi 2-3 pada menit ke-77 saat Davide Frattesi berdiri bebas di depan gawang, untuk menanduk bola umpan silang dan Handanovic cuma terpana melihat gawangnya bobol.

Davide Frattesi membuat skor jadi 2-3 (Foto: AFP via Getty Images/GABRIEL BOUYS)

Dua gol itu membuat kepercayaan diri pemain Sassuolo meningkat dan coba menekan pemain Inter agar membuat kesalahan, sehingga berujung gol penyama kedudukan.

Tapi, yang ada gawang Consigli kebobolan lagi di menit ke-90 sekaligus menjauhkan keunggulan Inter jadi 4-2. Lukaku masuk ke kotak penalti usai menerima umpan Brozovic dan mengarahkan bola ke tiang jauh dari sudut sempit.

Hingga laga Inter Milan vs Sassuolo tuntas, skor tak berubah.

Susunan pemain

Inter Milan: Samir Handanovic; Danilo D'Ambrosio, Stefan de Vrij, Stefan de Vrij (Alessandro Bastoni 73'); Raoul Bellanova (Matteo Darmian 78'), Roberto Gagliardini, Marcelo Brozovic, Henrikh Mkhitaryan, Federico Dimarco; Romelu Lukaku, Joaquin Correa (Lautaro Martinez 46').

Sassuolo: Andrea Consigli; Jeremy Toljan (Nadir Zortea 76'), Martin Erlic, Ruan, Rogerio; Davide Frattesi, Maxime Lopez, Matheus Henrique (Kristian Thorstvedt 77'); Domenico Berardi, Gregoire Defrel (Andrea Pinamonti 57'), Armand Lauriente (Nedim Bajrami 57').



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Inter Milan Vs Sassuolo: Dua Gol Lukaku Bawa Nerazzurri Menang 4-2"