Hagia Sophia

04 May 2023

Usai Lebaran, Kematian Karena COVID-19 di Indonesia Tertinggi Kedua di Asia

Kondisi COVID-19 di Indonesia pasca lebaran. (Foto: Agung Pambudhy)

Pakar kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban menyorot angka kematian akibat COVID-19 DI Indonesia. Sebab, tren kasus kematian menunjukkan kenaikan, bahkan berada di urutan kedua terbanyak di negara-negara Asia.

Dalam penjelasannya, ia menyebut kasus kematian COVID-19 di Indonesia meningkat setelah Lebaran.

"Situasi COVID-19 Indonesia pascalebaran, angka kematian harian Indonesia urutan dua tertinggi Asia," jelas Prof Zubairi dalam akun Twitter pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Selain angka kasus kematian, jumlah kasus konfirmasi COVID-19 juga menunjukkan then kenaikan dalam beberapa pekan. Tak hanya itu, Prof Zubairi juga menyoroti jumlah testing mingguan Corona yang juga terlihat naik.

Dalam periode 19-25 April 2023, sebanyak 53.426 orang telah diperiksa. Namun, seminggu setelahnya angka tersebut naik sekitar 102 persen menjadi 108.136 orang. Ini dihitung berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode tes PCR, tes cepat molekuler (TCM), dan rapid test antigen.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar IDI Soroti Kematian COVID di RI, Tertinggi Kedua di Asia Pascalebaran"