Hagia Sophia

04 May 2023

Beberapa Tips untuk Kecilkan Perut yang Buncit

Ilustrasi perut buncit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/WDnet)

Bagi sebagian orang, memiliki perut buncit merupakan permasalahan yang perlu diselesaikan dengan cepat. Banyak yang mengatakan, mengecilkan perut yang buncit dapat menjaga penampilan dan tubuh menjadi lebih sehat.

Tak sedikit orang yang mencari cara untuk mengecilkan perut buncitnya dengan melakukan diet dan rutin dalam berolahraga. Penumpukan lemak pada perut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

Dikutip dari India Today, terdapat cara alami yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit:

1. Konsumsi air putih

Air putih dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit karena air putih dapat membersihkan racun serta membantu untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Mengonsumsi banyak air putih setiap harinya dapat dilakukan saat bangun tidur, makan, ngemil, dan ingin tidur.

2. Konsumsi jamu

Jamu dikenal sebagai salah satu ramuan alami yang terbukti efektif dalam mengatasi kegemukkan dan melangsingkan perut. Terdapat tiga jamu yang populer seperti jahe, mint, dan ginseng. Selain itu, seseorang juga dapat mengonsumsi ramuan ini dalam bentuk praktis seperti minum teh sebelum makan.

3. Konsumsi air jinten

Jinten merupakan rempah yang sering digunakan dalam bumbu masakan. Namun, tak hanya bermanfaat meningkatkan aroma pada masakan, ternyata jinten juga bisa dikonsumsi sebagai penghancur lemak dalam tubuh. Air jinten dapat dikonsumsi karena memiliki manfaat seperti detoksifikasi, mengatur kadar gula, dan rendah kalori. Seseorang dapat mengonsumsi air jinten sebanyak dua sampai tiga kali sehari setelah makan.

4. Konsumsi air hangat dengan lemon

Mencampurkan lemon dengan air hangat merupakan suatu hal yang efektif untuk menghilangkan lemak di perut. Buah lemon diketahui memiliki kandungan asam sitrat, vitamin, dan kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seseorang yang ingin mengecilkan perut buncitnya dapat mengonsumsi air lemon di pagi hari dengan minimal tiga kali selama seminggu dan disertai latihan fisik seperti olahraga.

5. Konsumsi bawang putih

Salah satu zat yang terkandung dalam bawang putih adalah sulfur. Zat ini lah yang memiliki peran penting dalam proses pembakaran lemak. Seseorang dapat mengonsumsi bawah putih secara mentah pada pagi hari dan manfaat bawang putih dalam mengecilkan perut buncit sudah terbukti dalam sebuah penelitian.

6. Menggunakan minyak kelapa saat masak

Minyak kelapa digunakan untuk keperluan memasak, tetapi bisa juga digunakan untuk menyehatkan kulit dan rambut. Selain itu, minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak dan tetap memiliki efek positif terhadap tubuh. Minyak kelapa juga dapat membakar lemak pada tubuh karena memiliki sifat termogenik.

7. Jauhi gula

Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi gula justru menimbulkan lemak yang berlebihan pada tubuh. Maka dari itu, jauhilah makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen, minuman bersoda, dan es krim. Jika ingin mengonsumsi makanan yang manis, pilih buah-buahan segar yang mengandung gula alami.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Pangkas Perut Buncit Tanpa Nyiksa, Bye-bye Gelambir!"