Hagia Sophia

04 May 2023

Tak Sengaja Wanita Ini Minum Obat Kuat Pria, Ini Komentar Ahli Farmasi

Wanita tak sengaja mengonsumsi obat kuat. Begini efeknya menurut pakar farmasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Denisfilm)

Beberapa waktu lalu di media sosial viral sebuah curhatan seorang perempuan yang mengaku tak sengaja meminum obat kuat. Dalam curhatan tersebut ia khawatir bahwa obat kuat tersebut bisa berdampak buruk untuk tubuhnya.

"Aku nggak sengaja minum ob*t kuat pr*a yang dikemas dalam bentuk kopi. Aku sadarnya pas sudah minum. Soalnya isi bacaan 'untuk menyenangkan istri Anda'. Gimana weh, btw aku cewek ya," ucap salah satu netizen di Twitter, Sabtu (29/4/2023).

Berkaitan dengan kejadian tersebut, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati, PH.D., APT menjelaskan bahwa kopi yang mengandung obat kuat pria sebenarnya adalah sebuah produk ilegal.

"Obat kuat pria yang sering dicampurkan dalam kopi dan sebenarnya itu adalah tindakan ilegal adalah sildenafil atau terkenal dengan nama paten Viagra. Obat ini bekerja melebarkan pembuluh darah pada penis, sehingga bisa menguatkan ereksi," ucap Prof Zullies pada detikcom, Selasa (2/5/2023).

Prof Zullies menjelaskan bahwa obat tersebut berguna untuk pria yang memiliki gangguan ereksi. Obat itu akan bekerja selama 15-30 menit ketika melakukan hubungan seksual.

Terkait dengan dampaknya jika dikonsumsi oleh wanita, Prof Zullies mengatakan bahwa obat tersebut nantinya tidak memberikan efek yang signifikan.

"Jika dalam 4 jam setelah minum obat ini tidak ada hubungan seksual, obat ini akan tereliminasi dari tubuh menjadi tinggal separuhnya, dan tidak akan memberikan efek apa-apa," kata Prof Zullies.

"Juga jika terminum oleh wanita, tidak ada dampak signifikan jika tidak ada hubungan seksual setelahnya. Obat ini lebih berpengaruh pada pria karena tujuannya adalah meningkatkan ereksi, sedangkan pada wanita, sangat sedikit pengaruhnya karena pembuluh darah di organ tersebut lebih sedikit," sambungnya.

Adapun lebih lanjut, Prof Zullies juga menegaskan bahwa obat kuat pria bukan digunakan untuk meningkatkan gairah seksual.

"Obat ini bukan obat perangsang yang memicu gairah seksual, jadi tidak berpengaruh terhadap gairah seksual atau libido, tetapi menguatkan ereksi pria," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Tak Sengaja Minum Obat Kuat, Pakar Farmasi Bicara Efeknya"