Hagia Sophia

02 July 2023

Curhatan Nikita Willy yang Alami Brain Fog Usai Jadi Ibu

Nikita Willy curhat mengalami brain fog pasca jadi ibu. (Foto: instagram)

Aktris yang saat ini sudah menjadi seorang ibu yaitu Nikita Willy mengalami beberapa perubahan setelah melahirkan anak pertamanya. Nikita merasa setelah menjadi seorang ibu dirinya lebih sensitif dan pemikir.

Seorang ibu satu anak ini menjelaskan pada saat podcast di YouTube Denny Sumargo bahwa ia merasa mengalami brain fog. "Jujur saja semenjak aku menjadi ibu sekarang ini, aku lebih sensitif. Aku lebih kayak suka kadang-kadang dapat mom brain fog, gitu-gitu loh," ceritanya.

"Jadi kadang-kadang tuh kayak nggak masuk, kalau misalkan orang-orang kayak ngasih komen positif atau negatif, malah bikin aku sakit hati. Jadi mendingan nggak usah mikirin hal itu dan nggak usah dilihat."

Hal ini membuat Nikita mengurangi penggunaan media sosial dan membaca komentar-komentar netizen. Lantaran ibu satu anak itu merasa setelah melahirkan pikirannya semakin bercabang, sensitif dan membuatnya semakin banyak bengong.

Apa Itu Brain Fog?

Brain fog adalah suatu kondisi yang dialami seseorang, meliputi kesulitan fokus, kelelahan, sering kehilangan alur pikiran, lambat mencerna informasi, kesulitan mengingat hal secara detail dan kesulitan untuk berwaspada.

Penyebab terjadinya brain fog yang pertama adalah kehamilan. Selama setiap trimester kehamilan, tubuh seseorang mengalami perubahan hormonal yang beragam. Ketika perubahan hormon ini terjadi, otak berusaha memulihkan keseimbangan dengan melepaskan dan menekan hormon-hormon tertentu untuk mencapai keseimbangan yang stabil. Akibatnya, seseorang mungkin mengalami brain fog karena efek dari aliran hormon yang terus-menerus ini.

Penyebab lainnya adalah COVID-19, kecemasan dan depresi, kadar gula darah, sensitivitas makanan dan kondisi autoimun. Beberapa hal ini dapat memicu terjadinya brain fog pada seseorang yang mengalaminya. Untuk penyembuhan brain fog sendiri tidak ada obat atau perawatan khusus.

Dikutip dari Cleveland Clinic, seorang dokter merekomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidur, mencukupi nutrisi, berolahraga dengan rutin 30 menit dalam sehari atau lima hari dalam satu minggu. Perubahan-perubahan kecil ini dapat memengaruhi respons sistem kekebalan tubuh seseorang.

Selain itu saat seseorang beraktivitas, lakukan istirahat selama 20-30 menit sebelum merasa lelah dalam melakukan aktivitas terfokus seperti mendengarkan musik, berjalan kaki atau memejamkan mata sejenak.

Kondisi ini mungkin tidak hanya dialami oleh Nikita Willy saja, tanpa disadari beberapa orang pernah mengalami kondisi tersebut. Maka dari itu jika seseorang merasa dirinya mengalami brain fog, dapat mencoba beberapa metode di atas.

Jika sudah mencoba metode di atas dan seseorang tidak merasa adanya perbaikan, sebaiknya segera menghubungi dokter, untuk dilakukan pengobatan integratif yang dapat membantu memperbaiki gaya hidupnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nikita Willy Curhat Alami Brain Fog Pasca Jadi Ibu, Ngaku Sering Bengong"