Hagia Sophia

02 July 2023

Peneliti di China Sebut Negaranya Bikin COVID-19 untuk Senjata Biologis

Laboratorium di Wuhan. (Foto: AFP via Getty Images/HECTOR RETAMAL)

Salah satu peneliti di China menyebut negaranya sengaja mengembangkan virus COVID-19 untuk senjata biologis. Adapun peneliti yang mengatakan hal tersebut bernama Chao Shao, dari Institut Virologi Wuhan.

Dalam wawancaranya dengan reporter dan aktivis Jennifer Zeng minggu ini, Shao menuturkan bahwa sesama peneliti laboratorium diberi empat jenis virus corona yang berbeda oleh atasannya. Mereka kemudian ditugaskan untuk menentukan jenis virus mana yang paling efektif untuk menyebar ke berbagai spesies, termasuk manusia.

Dia juga mengungkapkan soal rekan-rekannya yang tiba-tiba hilang selama Pertandingan Dunia Militer 2019 yang digelar di Wuhan. Bahkan, beberapa dari mereka dikirim ke hotel tempat menginap atlet internasional untuk mengecek kondisi kesehatan mereka. Shao menduga mereka berpotensi terlibat dalam penyebaran virus tersebut.

Tak hanya itu, pada April 2022, Shao sempat dikirim ke Xinjiang untuk menilai status kesehatan tahanan Uighur yang ditahan di kamp pendidikan ulang atau kamp konsentrasi, seolah-olah untuk mempercepat pembebasan tahanan Uighur.

Namun, mengingat tidak relevannya keahlian virologi dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, Chao Shao dengan tegas menyiratkan bahwa misinya di Xinjiang adalah untuk memfasilitasi penyebaran virus atau untuk mempelajari pengaruhnya terhadap manusia.

Shao juga menekankan bahwa informasi-informasi yang diucapkannya itu hanya mewakili sebagian kecil dari keseluruhan teka-teki. Asal muasal sebenarnya dari pandemi, yang telah merenggut nyawa tujuh juta jiwa di seluruh dunia, tetap menjadi subjek penyelidikan yang sedang berlangsung.

Adapun klaim tersebut muncul setelah Pemerintahan Biden mendapat kecaman dari Partai Republik lantaran merilis laporan tentang asal-usul COVID-19 yang dinilai 'mengaburkan lebih dari yang dijelaskan'.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sebut China Bikin COVID-19 untuk Senjata Biologis, Peneliti Ini Beberkan Buktinya"