Hagia Sophia

02 July 2023

Heboh Penampakan Jari Menghitam Kena Frosbite dan Harus Diamputasi

Penampakan viral jari terkena frostbite. (Foto: Tangkapan layar viral)

Belakangan viral video yang menunjukkan jari tangan pendaki gunung terkena frostbite atau radang dingin. Penampakan tersebut diunggah pemilik akun TikTok @mindcruster, jari tangannya terlihat berubah menghitam.

Selain menghitam, jari pendaki gunung itu juga mengeras bak lilin imbas cuaca dingin ekstrem saat mendaki. Berdasarkan penelusuran detikcom, video yang diunggah pada 29 Juni 2023 di TikTok ini sebetulnya merupakan video asli Fahad Badar yang diposting 23 September 2021.

Video itu diambil jelang tiga minggu sebelum lebih dari empat jari tangannya diamputasi. Pasalnya, keempat jari di tangan kirinya berwarna hitam pekat, satu jari di tangan kanan juga ikut menghitam.

Fahad Bakar merupakan bankir asal Qatar yang memang gemar mendaki gunung dan menjelajahi alam bebas. Ia mencapai puncak Broad Peak pada 17 Juli 2023, keesokan harinya ia turun dan tergeletak di ketinggian 7.800 meter tanpa oksigen.

Tangannya membeku dan Fahad mengalami hipotermia. Setelah ditolong, Fahad tidak mengingat banyak hal tentang kejadian yang menimpanya lantaran mengidap edema serebral.

"Tidak pernah dalam sejuta tahun saya pernah berpikir bahwa saya akan kehilangan jari-jari saya karena frostbite, terutama saat melakukan hal yang paling saya sukai (mendaki gunung)," cerita dia dalam akun Instagramnya beberapa waktu lalu.

"Hidup saya, tubuh saya tidak akan pernah sama lagi setelah operasi yang mengubah hidup saya ini dan bahkan tugas-tugas yang paling dasar pun akan menjadi tantangan besar," ceritanya, dikutip dari Snow Brains.

Meski mengalami kondisi tersebut, Fahad bersyukur nyawanya masih selamat.

"Bagaimana saya mengatasi hal seperti ini? Bagaimana saya bisa menerima bahwa hidup saya tiba-tiba berubah total? Bagaimana saya akan melanjutkan hobi saya? Apakah saya masih memiliki semangat dan kemampuan untuk menaklukkan lebih banyak gunung?" pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Video Jari Menghitam Kena Frostbite Berujung Diamputasi"