Hagia Sophia

27 August 2023

Ketua Komnas PAI Meninggal Karena Idap ISK

Foto: Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait. detikcom/Juhra Nasir

Arist Merdeka Sirait meninggal dunia. Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) tersebut mengembuskan napas terakhirnya, Sabtu (26/8/2023).

Pihak keluarga menyebut kondisi terakhir Arist menurut diagnosa dokter mengalami komplikasi penyakit, termasuk infeksi saluran kemih (ISK). Dalam beberapa waktu terakhir, Arist disebut sudah keluar masuk rumah sakit sebanyak tiga kali.

"Tiga periode masuk rumah sakit ini memang berdekatan dan yang dirasakan adalah sakit ketika buang air kecil. Dan dokter mendiagnosa, ada infeksi saluran kandung kemih," kata adik Arist Merdeka Sirait, Agustinus Sirait di RS Polri, Kramatjati Jakarta Timur, dikutip dari detikHot, Sabtu (16/8).

Semasa hidupnya, Arist disebut tidak pernah mengalami penyakit parah, terkecuali beberapa tahun lalu sempat melakukan operasi pemasangan ring jantung.

"Beliau ini nggak pernah sakit ya. Kecuali pasang ring jantung," ungkapnya.

"Ada tiga kali masuk rumah sakit yang periode pertama itu. Bulan lalu dirawat kurang lebih selama 10 hari dan dinyatakan sembuh lalu pulang," kata Agustinus.

"Kemudian, sehabis mengikuti acara Hari Anak di Semarang, lanjut menemani Ibu Menteri PPA di Sumatera Utara dalam rangka hari anak juga, itu kemudian tiba-tiba jatuh sakit lagi,"

Dikutip dari Mayo Clinic, infeksi saluran kemih merupakan infeksi di bagian manapun dalam sistem saluran kemih. Sistem saluran kemih meliputi ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah, yakni kandung kemih dan uretra.

Wanita mempunyai risiko lebih besar terkena ISK dibandingkan pria. Jika infeksi hanya terbatas pada kandung kemih, hal ini dapat menimbulkan rasa sakit yang mengganggu. Namun masalah kesehatan yang serius dapat terjadi jika ISK sudah menyebar ke ginjal.

Kondisi ISK tidak selalu menunjukkan gejala. Namun, ada beberapa ciri-cirinya yang perlu diwaspadai:
  • Keinginan kuat untuk buang air kecil yang tidak kunjung hilang
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil, dan buang air kecil dalam jumlah sedikit
  • Urine yang tampak keruh
  • Urine yang tampak merah, merah muda cerah atau berwarna coklat, tanda-tanda adanya darah dalam urine.
  • Urine berbau tajam
  • Nyeri panggul pada wanita, terutama di bagian tengah panggul dan sekitar area tulang kemaluan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengenal ISK, Diidap Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Sebelum Meninggal"