Hagia Sophia

27 August 2023

Liga Inggris: Arsenal Ditahan Imbang dengan Fulham 2-2

Arsenal imbang 2-2 dengan Fulham (Foto: AP/Frank Augstein)

Arsenal ditahan imbang oleh 10 pemain Fulham 2-2. Gol Joao Palhinha memupuskan kemenangan The Gunners yang sudah di depan mata.

Arsenal menjamu Fulham di Emirates Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (26/8/2023) malam WIB. Fulham mencetak gol kilat ketika laga baru berjalan satu menit.

Mereka menggetarkan jala Aaron Ramsdale lewat Andreas Pereira. Arsenal kemudian tampil menyerang memburu gol penyama kedudukan.

Pada babak pertama, usaha Arsenal tersebut tak berbuah hasil. Gempuran mereka akhirnya berbuah gol penyama kedudukan dari penalti Bukayo Saka pada menit ke-70.

Arsenal balik memimpin selang tiga menit. Eddie Nketiah mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-73.

Kemenangan Arsenal sudah di depan mata untuk Arsenal. Namun pada menit ke-87, Fulham bisa menyetarakan angka lewat Joao Palhinha.

Hasil imbang 2-2 menutup 90 menit. Tambahan satu angka membuat Arsenal berada di posisi ke-2 dengan tujuh poin. Fulham di urutan ke-11 dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan

Fulham langsung mengejutkan tuan rumah dengan sudah mampu mencetak gol di menit pertama. Bukayo Saka tak cermat dalam melakukan back pass. Umpannya ke belakang justru mengarah ke Andreas Pereira.

Gol!!! Pereira langsung melepas tembakan dari luar kotak penalti melihat Aaron Ramsdale sudah keluar dari serangnya. Tembakanya ke arah kanan gawang tak terjangkau Ramsdale. Fulham unggul 1-0.

Tertinggal lewat gol cepat, Arsenal merespon dengan mengurung lini pertahanan Fulham. Gabriel Martinelli sempat punya peluang.

Fulham yang banyak tertekan sempat hampir bisa mencuri gol kedua di menit ke-22. Raul Jimenez melakukan sepakan akrobatik yang tak terduga oleh Ramsdale. Ramsdale mati langkah tapi Arsenal masih selamat dari kebobolan karena bola masih melebar.

Arsenal membuang peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-31. Umpan Leandro Trossard bisa disambar oleh Saka tapi bola masih melambung.

Tekanan Arsenal belum mereda. Martinelli kembali mencoba mengancam. Usahanya kembali masih bisa diredam Leno.

Upaya Arsenal menyamakan kedudukan tak berbuah hasil hingga turun minum. Skor 1-0 untuk keunggulan Fulham menutup babak pertama.

Selepas jeda, The Gunners berusaha menggebrak. Leno tapi masih sulit ditaklukkan. Ia bisa mengamankan tembakan Saka.

Fulham tak tinggal diam. Mereka mencoba merespon lewat serangan balik dari Bobby De Cordova-Reid. Usahanya belum berbuah gol karena masih melebar.

Arsenal masih dominan. Martin Odegaard menusuk lalu melancar tembakan keras. Bola tapi juga masih melambung.

Tekanan bertubi-tubi Arsenal berbuah hadiah penalti pada menit ke-70. Tusukan Fabio Vieira di sisi kiri kotak penalti dijatuhkan oleh Kenny Tete.

Gol!!! Saka yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah kiri gawang mengecoh Leno.

Gol!!! Arsenal balik memimpin tiga menit berselang. Umpan terukur Vieira menemui Eddie Nketiah yang bisa menyambarnya menjadi gol. Arsenal unggul 2-1 di menit ke-73.

Meriam London belum sepenuhnya mengendurkan serangan meski sudah unggul. Situasi untuk Fulham kemudian semakin sulit usai mereka harus bermain dengan 10 pemain.

Calvin Bassey harus diusir keluar lapangan pada menit ke-83 usai mendapat kartu kuning kedua. Bassey menerima hal tersebut usai melanggar Nketiah untuk menghentikan serangan cepat Arsenal.

Bermain dengan 10 pemain, Fulham justru bisa mencetak gol untuk menyetarakan angka. Sepak pojok Harrison Reed bisa disontek Joao Palhinha ke pojok kanan gawang Arsenal pada menit ke-7.

Skor imbang 2-2 mengakhiri laga.

Susunan Pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Thomas Partey (56' Zinchenko), Ben White, William Saliba, Jakub Kiwior; Martin Odegaard (84' Jorginho), Declan Rice, Kai Havertz (56' Vieira); Bukayo Saka, Leandro Trossard (46' Nketiah), Gabriel Martinelli.

Fulham: Bernd Leno; Kenny Tete, Issa Diop, Calvin Bassey, Antonee Robinson; Sasa Lukic (71' Reed), Joeo Palhinha, Andreas Pereira (63' Cairney); Harry Wilson (71' Traore), Raul Jimenez, Bobby De Cordova-Reid (89' Adarabioyo).



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Fulham: The Gunners Ditahan 10 Pemain The Cottagers 2-2"