Hagia Sophia

27 August 2023

Liga Inggris: Bournemouth Kalah dari Tottenham 0-2

Tottenham Hotspur atasi Bournemouth 2-0 (Action Images via Reuters/JOHN SIBLEY)

Tottenham Hotspur masih melanjutkan tren positifnya usai mengalahkan Manchester United pekan lalu. Kali ini giliran Bournemouth disikat dengan skor 2-0.

Pada pertandingan di Vitality Stadium, Sabtu (26/8/2023) malam WIB, gol-gol The Lilywhites dicetak di masing-masing babak oleh James Maddison dan Dejan Kulusevski.

Kemenangan kedua dari tiga pekan awal Premier League 2022/2023 membuat anak asuh Ange Postecoglu itu naik ke posisi puncak klasemen dengan 7 poin. Bournemouth dengan satu poin di posisi ke-15.

Jalannya pertandingan

Tottenham menurunkan James Maddison yang awalnya diragukan tampil karena cedera. Trio Dejan Kulusevski, Maddison, dan Son Heung-min menopang Richarlison sebagai striker tunggal.

Tottenham menguasai laga sejak menit awal dan nyaris bikin gol pada menit ke-14 andaikan Neto tak menepis bola sepakan Maddison, yang memaksimalkan kesalahan di lini belakang.

Tottenham akhirnya unggul pada menit ke-17 setelah Maddison lolos dari kawalan dua bek Bournemouth, usai menerima umpan terobosan Pape Mate Sarr. Maddison dengan mudah menaklukkan Neto dari jarak dekat.

Gol James Maddison ke gawang Bournemouth (Foto: Action Images via Reuters/JOHN SIBLEY)

Enam menit kemudian Tottenham melakukan serbuan yang diteruskan umpan ke Sarr, dan dituntaskan dengan sepakan yang bisa ditepis Neto.

Peluang Bournemouth baru hadir pada menit ke-41 lewat Ryan Christie. Mendapat ruang tembak di depan kotak penalti, Christie menembak bola yang dapat dibuang Guglielmo Vicario.

Demikian juga dengan peluang Phillip Billing pada masa injury tim lewat sepakan melengkung yang masih melebar di sisi gawang Tottenham. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Bournemouth menaikkan intensitas serangan untuk mencari gol penyama kedudukan secepatnya. Satu kans didapat pada menit ke-57 andaikan umpan Justin Kluivert tidak diarahkan ke sisi gawang oleh Antoine Semenyo.

Tottenham menggandakan skor pada menit ke-63 lewat Kulusevski. Tottenham dengan sabar membangun serangan dari sisi kiri yang ditempati Destiny Udogie. Dia mengakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat, yang disambar Kulusevski untuk menjebol gawang Neto.

Dejan Kulusevski membuat gol kedua Tottenham (Foto: REUTERS/DAVID KLEIN)

Setelah memimpin dua gol, Tottenham menurunkan intensitas serangan sehingga membuat Bournemouth lebih leluasa menguasai laga. Tapi, mereka tidak bisa memaksimalkan untuk setidaknya membahayakan gawang Tottenham lewat peluang-peluang.

Cuma satu yang dibuat Jaidon Anthony pada menit ke-60. Anthony menggiring bola dari sisi kiri dan menuntaskan lewat sepakan yang tepat ke pelukan Vicario.

Tidak ada gol lagi tercipta di sisa babak kedua termasuk delapan menit injury time sehingga Tottenham Hotspur membawa pulang kemenangan 2-0.

Susunan pemain

Bournemouth: Neto; Max Aarons, Illia Zabarnyi, Lloyd Kelly, Milos Kerkez; Ryan Christie (Hamed Traore 60'), Joe Rothwell (Lewis Cook 45'); Antoine Semenyo (David Brooks 73'), Phillip Billing, Justin Kluivert (Jaidon Anthony 60'); Dominic Solanke.

Tottenham Hotspur: Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Cristian Romero, Micky van de Ven, Destiny Udogie (Ben Davies 82'); Pape Sarr (Ivan Perisic 59'), Yves Bissouma (Giovani Lo Celso 74'); Dejan Kulusevski, James Maddison (Oliver Skipp 73'), Son Heung-Min; Richarlison (Pierre-Emile Hojbjerg 60').



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Bournemouth Vs Tottenham: The Lilywhites Menang 2-0"