Hagia Sophia

27 August 2023

Penampakan dari Udara Wilayah Maui Akibat Kebakaran Dahsyat

Gambar Satelit Ungkap Kehancuran Maui Akibat Kebakaran Dahsyat. Foto: Maxar Technologies via BBC

Hawaii berjuang pulih setelah menghadapi kebakaran hutan yang menyebar cepat dan menyebabkan korban tewas signifikan. Gambar satelit menunjukkan wilayah Maui, Hawaii, hancur total.

Gubernur Hawaii Josh Green mengatakan kebakaran yang terjadi awal Agustus 2023 tersebut adalah bencana alam terbesar dalam sejarah negara bagian Hawaii. Citra satelit setidaknya memberikan gambaran langsung mengenai skala kerusakan, yakni 80% kota tepi pantai telah 'musnah'.

Mengutip Reuters, peristiwa kebakaran ini menewaskan setidaknya 115 orang, korban hilang 850 orang, 2.200 bangunan hancur, dan 11.000 orang mengungsi (berdasarkan data per 23 Agustus).

Angin yang sangat kencang dari Badai Dora yang melanda selatan Hawaii pada Selasa 8 Agustus, mengipasi api dan menghalangi pesawat untuk terbang di atas kota selama kebakaran. Begitu melewatinya, pilot pesawat terkejut dengan apa yang mereka lihat.

"Mengerikan. Selama 52 tahun sering terbang melewati wilayah ini, saya belum pernah melihat hal seperti ini, sedekat ini. Kami meneteskan air mata," kata pilot helikopter Richard Olsten.

Gambar satelit Maui, Hawaii pada 25 Juni 2023. Foto: Maxar Technologies via BBC

Gambar satelit Maui, Hawaii yang diambil pada 9 Agustus setelah dilanda kebakaran dahsyat. Foto: Maxar Technologies via BBC.

Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Kebakaran

Kebakaran hutan jarang terjadi di Hawaii. Adapun kebakaran hutan yang pernah terjadi, sebagian besar dipicu oleh letusan gunung berapi atau sambaran petir. Namun dalam beberapa dekade terakhir, aktivitas manusia telah menjadikannya lebih umum dan ekstrem.

Apa yang menyebabkan kebakaran hutan di Hawaii? Para ahli menyebutkan, perubahan iklim meningkatkan risiko kebakaran hutan secara global karena meningkatkan suhu dan membuat gelombang panas berlangsung lebih lama dan intens.

"Kami belum pernah mengalami kebakaran hutan yang berdampak pada kota seperti ini sebelumnya," kata Gubernur Josh Green.

"Tantangan perubahan iklim memberikan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Hawaii," tutupnya.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Gambar Satelit Ungkap Kehancuran Maui Akibat Kebakaran Dahsyat"