Hagia Sophia

27 August 2023

Pengakuan Pria yang Berhenti Merokok Setelah 17 Tahun Kecanduan

Foto: (iStock)

Seorang warganet Mikael Dewabrata (42) membagikan kisahnya berhasil berhenti merokok total usai 17 tahun menjadi seorang perokok. Melalui unggahannya di media sosial X yang viral, Mikael mengaku sudah mulai merokok semenjak remaja.

Ketika dihubungi detikcom, Mikael mengaku kebiasaan merokoknya semakin parah ketika ia sudah mulai bekerja dan mengaku dirinya kecanduan merokok.

"Gue mulai merokok SMP itu kira-kira tahun 1993. Mulai adiktifnya SMA berarti 1996 sampai 2010," kata Mikael.

"Pas tahun-tahun pertama bekerja, kebiasaan merokok gue makin rutin. Bisa beberapa bungkus seminggu. Waktu itu gue mengelak dibilang kecanduan, tapi setelah stop gue akhirnya tau kalau dengan intensitas gue waktu itu, sudah masuk kecanduan," sambungnya.

Ia menceritakan, ketika masih menjadi perokok berat, masalah kesehatannya cukup terganggu. Ia mengaku tubuhnya akan sulit sembuh apabila sedang sakit.

"Dulu saya flu paling awal ketika musim hujan dan sembuh paling lama. Lari juga nggak kuat. Sekarang nyaris nggak pernah (flu), dan baru saja belakangan kena itu pun cuma 2 hari sembuh," ceritanya.

Setelah belasan tahun jadi perokok, Mikael akhirnya bisa berhenti merokok pada tahun 2010 dan sudah berjalan 13 tahun hingga saat ini. Setelah berhenti, ia mengaku merasakan manfaat yang begitu besar, terutama pada kesehatannya.

"Bertahun-tahun kemudian gue merasakan banyak hal. Gue udah nggak secepat itu sakit. Flu aja jarang. Padahal dulu pas masih doyan rokok, paling cepat kena flu," ceritanya.

"Gue juga lebih kuat olahraga, paling rajin olahraga di 2013-2019 kemarin. Selain itu gue lebih sensitif sama asap, padahal dulu paling males sama orang yang menjauhi perokok. Kini setelah nggak ngerokok jadi paham," pungkasnya.

Mikael mengatakan apa yang ia lakukan adalah keputusan yang tepat. Ia juga mengapresiasi pilihan tersebut untuk berhenti merokok.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Pria Stop Merokok usai 17 Tahun Kecanduan, Alami Perubahan Ini di Tubuhnya"