Hagia Sophia

29 September 2023

Mengenal Pneumonia Usai Meninggalnya Profesor Dumbledore 'Harry Potter'

Michael Gambon (Foto: Reuters )

Aktor Michael Gambon, Profesor Dumbledore 'Harry Potter' meninggal dunia pada Rabu (26/9/2023). Perwakilan keluarga Gabon mengumumkan kematiannya sehari setelahnya, Kamis (27/9). Gambon wafat di usia 82 tahun.

Pria kelahiran Irlandia yang memerankan enam dari delapan serial Harry Potter disebut mengidap pneumonia.

"Aktor tersebut meninggal pada hari Rabu setelah mengidap pneumonia," kata juru bicaranya, Clair Dobbs, pada hari Kamis (27/9).

Apa Pemicu Pneumonia?

Pneumonia rentan menyerang kelompok dengan gangguan imunitas lemah, pengidap komorbid, lansia, hingga usia anak. Pneumonia terjadi saat ada infeksi yang memicu peradangan di kantung udara salah satu atau kedua paru-paru, sehingga membuat pasiennya sulit bernapas.

Kantung udara tersebut bisa terisi cairan atau nanah, berujung batuk berdahak atau nanah, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas. Berbagai organisme, termasuk bakteri, virus, dan jamur, dapat menyebabkan pneumonia.

Ada Sejumlah Tipe Pneumonia

Penyebab umum pneumonia bakterial adalah Streptococcus pneumoniae (pneumococcus) dan, terutama pada anak-anak, Mycoplasma pneumoniae.

Namun, pneumonia juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, atau jamur. SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 juga menjadi salah satu jenis virus yang bisa memicu pneumonia.

Sementara penyakit lain akibat pneumonia terkadang juga bisa muncul beserta penyakit paru-paru lain, termasuk TB paru.

Pneumonia bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Beberapa gejala yang umum dialami penderita pneumonia adalah batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Gejala pneumonia cukup bervariasi. Namun, umumnya pneumonia ditandai dengan batuk berdahak, demam, menggigil, sesak napas, nyeri dada ketika bernapas atau batuk, mual dan muntah, nafsu makan menghilang, serta tubuh yang mudah lelah.

Bagaimana Mencegahnya

Pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan yang dialami pasien. Pneumonia akibat infeksi bakteri akan ditangani dengan obat antibiotik sesuai dengan anjuran dokter.

Dokter juga dapat memberikan obat pneumonia lain untuk meredakan gejala batuk, demam, atau nyeri.

Pneumonia dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya menjalani vaksinasi, menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci, dan menghindari kontak dengan orang yang sakit.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menyoal Pneumonia di Balik Kematian Profesor Dumbledore 'Harry Potter'"