Hagia Sophia

29 September 2023

Heboh Penampakan Foto Rontgen Usus Naik ke Atas

Foto: Tangkapan Layar SS Viral

Penampakan rontgen usus seorang pasien yang disebut tak buang air besar (BAB) selama satu bulan baru-baru ini viral di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan usus besar yang terlihat melebar hingga naik mendekati bagian dada.

"Seorang pasien dengan keluhan tidak biasa BAB 1 bulan, apa yang kalian lihat?" demikian narasi viral yang menunjukkan penampakan rontgen, diunggah @BaseAnak**, seperti dilihat detikcom Jumat (29/9/2023).

Saat ditelusuri, foto rontgen tersebut berasal dari kasus seorang pasien di Taiwan pada tahun 2020. Pasien yang saat itu berusia 23 tahun dilaporkan mengalami sembelit parah, bahkan ia membutuhkan waktu satu hingga dua jam dalam proses BAB. Kondisi tersebut sudah dialaminya sejak kecil.

Melalui salah satu media sosial Taiwan, pasien tersebut bercerita telah melakukan segala hal agar BAB-nya lancar. Mulai dari mengonsumsi makanan lunak, sayur, buah-buahan, seperti tujuh pepaya maupun dua buah naga besar, hingga air putih. Namun dari sejumlah cara yang dilakukannya tak ada yang membuahkan hasil, dirinya tetap mengalami sembelit parah.

Pasien tanpa disebutkan namanya itu bahkan mengaku paling lama tak bisa buang air besar selama 17 hari. Terlebih, jumlah feses yang keluar hanya sedikit saat dirinya BAB.

"Saya terlihat normal dari luar dan saya memiliki kepribadian yang lincah. Namun saya sering mengalami rasa sakit yang sangat parah, seperti sedang melakukan aborsi. Ini adalah sesuatu yang tidak dilihat oleh orang-orang di sekitar saya," ungkapnya, kemudian dalam wawancara salah satu media Taiwan.

Karena kondisinya tak semakin membaik, pasien memutuskan pergi ke dokter. Berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien tersebut mengalami pergeseran usus besar. Bagian terakhir dari usus besarnya juga tak memiliki kerutan. Diduga, penyebabnya karena penumpukan kotoran yang sudah bertahun-tahun.

"Usus besar saya sangat panjang dan memanjang hingga ke atas," ceritanya.

Pasien tersebut mengatakan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini dengan mengangkat seluruh ususnya. Namun dirinya takut akan terjadinya komplikasi.

Meskipun demikian, kabar terbaru menurut laporan media Taiwan, pasien disebut tengah menunggu evaluasi di RS pada Januari 2021.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Foto Rontgen Usus Naik ke Atas, Pasien Sejak Kecil Keluhkan Susah BAB"