Hagia Sophia

29 September 2023

Pria Ini Merasakan Sakit Perut 2 Tahun, Ternyata Ada Beberapa Barang dalam Perutnya

Ilustrasi sakit perut (Foto: iStock)

Seorang pria yang mengalami sakit perut selama dua tahun mengejutkan dokter lantaran ditemukan barang-barang rumah tangga di dalam tubuhnya. Mulai dari kancing, earphone, hingga barang-barang lainnya pun ditemukan di dalam perutnya.

"Saat melakukan rontgen, kami menemukan liontin, rantai, mur, baut, earphone, dan banyak benda lain di dalam perut," kata Ajmer Singh Kalra, direktur Rumah Sakit Moga Medicity di Moga, Punjab, India, dikutip dari NY Post.

Awalnya pasien bernama Kuldeep Singh dari India itu dilaporkan pergi ke rumah sakit karena sakit perut parah dan demam tinggi.

Petugas medis pun langsung melakukan pemindaian x-ray untuk melihat masalah kesehatan apa yang dialami Singh. Hasilnya, mereka menemukan 60 barang di dalam perutnya, termasuk liontin rantai, mur, baut, earphone, peniti, magnet, kancing baju, ritsleting, dan banyak lagi.

Dokter mendiagnosis pasien berusia 35 tahun itu mengidap pica, suatu kondisi kesehatan mental yang membuat pengidapnya secara kompulsif menelan barang-barang yang bukan makanan.

Kondisi ini ini paling umum terjadi pada anak kecil, wanita hamil, dan orang dengan gangguan kejiwaan, terutama gangguan spektrum autisme, disabilitas intelektual, atau skizofrenia.

Menurut laporan, kerabat dan keluarganya tak mengetahui masalah tersebut. Tidak mengherankan, memakan benda-benda yang tidak dapat dicerna terbukti berbahaya bagi kesehatan seseorang, seperti yang terjadi pada Singh.

"Karena dia makan benda tajam, ada luka parah di perutnya," kata dr Kalra yang memutuskan untuk mengoperasinya.

Singh kemudian menjalani operasi tiga jam yang dipimpin oleh ahli bedah Anup Handa dan ahli gastroenterologi dr Vishavnoor Kalra.

Meskipun prosedurnya berhasil, pasien masih belum bisa sembuh. Kondisinya saat ini masih kritis hingga memerlukan perawatan intensif.

"Dia masih pakai ventilator," kata dr Kalra.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria India Sakit Perut 2 Tahun, Ternyata Ada 60 Barang 'Nyangkut' di Perut"