Hagia Sophia

29 September 2023

Beberapa Fakta Jelang Duel Tottenham vs Liverpool

10 Fakta Tottenham vs Liverpool akhir pekan ini (Liverpool FC via Getty Images/John Powell)

Duel Tottenham Hotspur vs Liverpool memanaskan kota London akhir pekan ini. Berikut 10 fakta terkait laga itu.

Tottenham yang punya start bagus musim ini akan coba mengadang laju Liverpool yang meraih lima kemenangan beruntun di liga, setelah berimbang kontra Chelsea di awal musim.

Duel akan digelar di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (30/9/2023) malam WIB. Tottenham punya keunggulan tidak bermain di Carabao Cup tengah pekan kemarin, sehingga para pemainya dalam kondisi 100 persen.

Sementara, Liverpool harus melewati perlawanan ketat Leicester City sebelum menang 3-1. Bisakah Tottenham menyetop laju apik Liverpool? atau justru The Reds yang berjaya lagi?

Simak dulu 10 fakta terkait duel Tottenham vs Liverpool yang dikutip Opta:
  1. Tottenham cuma menang sekali dari 21 kali duel dengan Liverpool di Premier League (6 imbang 14 kalah), yakni dengan skor 4-1 di Wembley Oktober 2017.
  2. Liverpool setidaknya mencetak satu gol dari 15 duel terakhir kontra Tottenham. Tapi mereka cuma dua kali clean sheet dalam kurun waktu itu, dengan kedua tim selalu bikin gol di enam duel terakhir.
  3. 17 laga tanpa terkalahkan Liverpool (12 menang 5 imbang) lebih lama 10 laga ketimbang tim lain (Arsenal dan Spurs, 7). Sejak kekalahan dari Man City dengan skor 1-4 pada April, hanya Man City (43 poin) yang punya poin lebih banyak dari Liverpool (41).
  4. Tottenham yang tak terkalahkan di enam laga akan coba memperpanjang start tak terkalahkan di liga menjadi tujuh untuk ketiga kalinya (tak kalah di 12 laga pertama 2016/2017 dan tujuh laga pertama musim lalu). Sementara Ange Postecoglu bisa jadi manajer Spurs kedua setelah Antonio Conte yang tak terkalahkan di tujuh laga awal (tak kalah di sembilan laga)
  5. Liverpool selalu kebobolan duluan di dua laga away terakhirnya (vs Newcastle dan Wolves) dan selalu memenangi tiga partai tandang terakhirnya ketika kebobolan duluan (lawan West Ham di April). Sepanjang sejarah kompetisi, hanya Man United yang memenangi laga tandang lebih banyak secara beruntun ketika kebobolan duluan (7 laga antara September 2020 - Januari 2021).
  6. Tottenham mencetak setidaknya dua gol atau lebih di enam laga Premier League bareng Ange Postecoglu. Satu-satunya manajer yang setidaknya bikin catatan itu di tujuh laga awal di kompetisi adalah Craig Shakespeare (Leicester di April 2017).
  7. Liverpool mencetak tiga gol di tiga pertandingan Premier League terakhirnya (vs Aston Villa, Wolves, dan West Ham). Liverpool coba melakukannya di empat laga beruntun untuk pertama kali sejak Maret 2014 di bawah Brendan Rodgers (6 laga).
  8. Mo Salah dan Darwin Nunez saling menciptakan peluang untuk satu sama lain dengan rataan satu peluang per 29 menit saat main bareng di Premier League musim ini, rasio terbaik di antara duet lainnya di Premier League yang bermain minimal 100 menit di Premier League musim ini. Empat assist Nunez di kompetisi ini semuanya untuk mo Salah; hanya tujuh pemain yang bisa mencetak lima assist pertamanya untuk pemain yang sama, terbaru adalah Diogo Jota untuk Raul Jimenez (6 antara 2018-2020).
  9. Son Heung-min bikin lima gol dari tiga laga terakhir, sama dengan di 17 laga sebelumnya. Semua gol dicetak di laga tandang, sementara dia gagal bikin gol di empat laga kandang terakhir.
  10. Mo Salah setidaknya bikin gol (6) atau assist (9) dari 12 pertandingan terakhirnya di liga, termasuk di enam laga Liverpool musim ini (3 gol 4 assist). Satu-satunya pemain yang terlibat gol atau assist di tujuh laga pertama liga adalah David Beckham (2000/2001) dan Erling Haaland (2022/2023).





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "10 Fakta Tottenham vs Liverpool"