Hagia Sophia

12 October 2023

Benarkah di Indonesia Ada yang Suhunya Diatas 40 Derajat Celcius?

Foto: tangkapan layar/dok. TikTok @sugeng.info

Belum lama ini sempat viral video seorang bocah warga Magetan mencoba menggoreng telur di bawah panas matahari. Disebut-sebut suhu di wilayah tersebut sangat panas di siang hari, bahkan konon bisa mencapai 45 derajat celcius.

Terkait hal ini, Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin, M Si mengungkapkan sampai saat ini BMKG tak menerima catatan terkait suhu yang mencapai 45 derajat celcius.

Menyusul data catatan harian BMKG, Miming menyebut suhu tertinggi yang terukur dalam sepekan terakhir paling tinggi mencapai 38,7 derajat celcius di Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat dan dan di kantor Stasiun Klimatologi Semarang Jawa Tengah dengan suhu 38,6 derajat celcius pada tanggal 9 Oktober 2023.

"Untuk suhu hingga 45 derajat celcius kami belum melihat ada catatan," ucapnya saat dihubungi detikcom, Rabu (11/10/2023)

Sementara di sebagian wilayah Jawa Timur yang terukur di lokasi Stasiun Maritim Tanjung Perak dan Stasiun Meteorologi Perak, suhu maksimum terukur dalam 3 hari terakhir umumnya di rentang 35 hingga 36 derajat celcius.

Lebih lanjut, Miming juga menyebut beberapa wilayah yang tak memiliki alat pengukuran, kemungkinan suhu lebih terik pada siang hari dapat saja terjadi imbas beberapa faktor.

"Tergantung pada kondisi cuaca setempat dan bagaimana tingkat liputan awannya," sambungnya lagi.








 

















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "BMKG Ungkap Wilayah RI dengan Suhu Panas Tertinggi, Ada yang 40 Derajat Celcius?"