Hagia Sophia

12 October 2023

Kasur Beserakan di Jalanan Paris, Diduga Akibat Wabah 'Kutu Busuk Super'

Kutu busuk (Foto: REUTERS/STEPHANIE LECOCQ)

Beredar video yang menunjukkan sejumlah kasur menumpuk dan berserakan di jalan Paris, Prancis, di tengah serangan kutu busuk.

Seorang mahasiswi di bidang fashion, Aarya Bondge, bercerita saat dirinya pulang kuliah, sepanjang jalan nyaris dipenuhi dengan tumpukan kasur. Beberapa di antaranya tampak baru, adapula yang sudah usang.

Bondge menduga, hotel-hotel di wilayah tersebut telah membuang tempat tidur lantaran serangan kutu busuk yang merebak di Paris.

"Saya tidak tahu apakah itu karena kutu busuk. Mereka mungkin membuang kasurnya karena itu," katanya.

Kepada SWNS, Bondge mengatakan bahwa Paris masih menangani masalah ini. Ia juga menyebut warga Paris tidak menganggap enteng masalah ini.

"Jalur 6 metro masih buruk," katanya, seraya mencatat bahwa banyak orang menolak duduk di kursi karena banyaknya kutu busuk.


@aaryab0nd #fyp #bedbugs #bedbugsinparis #paris ♬ bunyi asal - haa

"Saya masih lebih suka berdiri selama satu jam daripada menyentuh kursi," katanya.

Sebagaimana diketahui, wabah kutu busuk dimulai baru-baru ini di Paris. Banyak masyarakat yang khawatir terkait penyebaran serangga tersebut. Masalah kutu busuk terbilang sangat parah sehingga dianggap sebagai krisis kesehatan masyarakat.

Pemerintah telah membuat rencana aksi global yang diperpanjang hingga tahun 2024 untuk melawan penyebaran besar kutu busuk di perumahan Perancis.

Selain menyebar di transportasi, rumah, maupun fasilitas umum, serangga tersebut juga dilaporkan tengah merebak di rumah sakit.

Bahaya Kutu Busuk

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases mengatakan kutu busuk mungkin dapat tertular dan menularkan Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten terhadap methisilin. Ini adalah jenis bakteri yang ditemukan pada kulit manusia yang dapat menyebabkan infeksi serius, juga dikenal sebagai infeksi staph.

Serupa, dokter spesialis penyakit menular di Northwell Health di Manhasset, New York, Bruce Hirsch juga mengatakan bahwa kehadiran MRSA masih sangat mungkin terjadi.

"Sebelumnya ada hubungan antara paparan kutu busuk dengan wabah MRSA, meskipun sangat tidak biasa," katanya.

Ia menambahkan, Staph cenderung paling umum terjadi di bagian depan hidung, di kulit, dan di sekitar sprei, pakaian, dan lainnya.

Hirsch merekomendasikan untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan untuk menghindari masalah apa pun.












 
















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Video Kasur Berserakan di Paris, Diduga Imbas Wabah 'Kutu Busuk Super'"