Hagia Sophia

12 April 2024

Minum Simvastatin untuk Turunkan Kolesterol? Ini Pesan Dokter

Foto ilustrasi: shutterstock

Di momen Lebaran, makanan berlemak menjadi santapan wajib yang sulit dihindari. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa memicu efek yang buruk pada tubuh karena kadar lemak jenuh berimbas pada kolesterol tinggi.

Maka dari itu, banyak yang memilih obat penurun kolesterol Simvastatin, yang diyakini bisa menurunkan bahkan mencegah kadar kolesterol dengan cepat.

Spesialis gizi klinik dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, menjelaskan obat Simvastatin memang bekerja untuk menurunkan kolesterol. Obat itu bekerja dengan menghambat salah satu enzim yang berperan memproduksi kolesterol dalam tubuh.

Namun, bukan berarti dengan minum Simvastatin bisa secara cepat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

"Tapi ingatlah kolesterol yang tinggi itu bisa tetap tinggi. Karena ketika dia minum Simvastatin, (kolesterol) hanya turun sementara," jelasnya dalam DetikPagi beberapa waktu lalu.

Jika dia stok Simvastatin tapi tidak memperbaiki gaya hidup, ya akan naik lagi," sambung dr Juwalita.

Senada dengan itu, praktisi kesehatan dr Andi Khomeini Takdir Haruni alias dr Koko menjelaskan obat golongan statin (termasuk Simvastatin) bekerja lambat.

"Minum statin tidak untuk menangkal kolesterol yang tiba-tiba meningkat karena asupan high-fat diet di fase Lebaran," beber dia dalam akun pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Alih-alih dengan obat, cara terbaik untuk menangkal kolesterol saat dan setelah Lebaran adalah dengan menjaga diet seimbang. Artinya, makan enak boleh-boleh saja tetapi diimbangi dengan menu yang lebih sehat.

"Jika pun harus makan yang high-fat diet di fase Lebaran. Kawan kita adalah apel, bawang, tomat, dan tempe," jelasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nyetok Simvastatin Biar Kolesterol Nggak Naik Pasca Lebaran? Begini Wanti-wanti Dokter"