Hagia Sophia

12 April 2024

Jadi Pria Tertua di Jepang, Kakek Ini Kini Berusia 110 Tahun

Ilustrasi warga Jepang. (Foto: AP/Eugene Hoshiko)

Seorang kakek berusia 110 tahun bernama Tomisaburo Wakui yang tinggal di kota Atsugi, Prefektur Kanagawa, menjadi pria tertua di Jepang. Dia menggantikan Gisaburo Sonobe, dari Prefektur Chiba, yang meninggal minggu lalu pada usia 112 tahun.

Wakui lahir pada 28 November 1913, pada Era Taisho (1912-1926). Dengan meninggalnya Sonobe, tidak ada lagi pria kelahiran Era Meiji (1868-1912) yang masih hidup di negara tersebut.

"Saya menyampaikan rasa hormat saya yang tulus kepada Wakui-sama, yang telah hidup melalui era penuh gejolak Taisho, Showa, Heisei, dan Reiwa. Saya berdoa untuk kesejahteraan dan kesehatannya di masa depan," kata Walikota Atsugi, Takahiro Yamaguchi dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Japan Times.

Sementara itu wanita tertua yang masih hidup di Jepang, seorang wanita berusia 115 tahun, adalah Tomiko Itooka dari Prefektur Hyogo, yang lahir pada tahun 1908.

Jepang terkenal dengan penduduknya yang berumur panjang. Beberapa penelitian juga telah mencoba menguak alasan warga Jepang bisa tetap hidup sehat dan panjang umur.

Yumi Yamamoto, presiden penelitian Jepang untuk LongeviQuest, sebuah organisasi yang memvalidasi usia orang tertua di dunia dan mengumpulkan cerita mereka, tahun ini telah memverifikasi empat supercentenarian, yaitu mereka yang hidup melewati usia 110 tahun.

LongeviQuest telah memverifikasi 269 supercentenarian di Jepang, termasuk di Okinawa, salah satu Zona Biru di dunia, dimana jumlah orang yang hidup di atas 100 sangatlah tinggi.

"Ada pepatah di Jepang yang mengatakan Anda hanya boleh makan sampai 80 persen kenyang, jadi Anda harus menyisakan ruang di akhir makan," kata Yamamoto dikutip dari SCMP.

Pepatah hara hachi bu, membantu orang Jepang untuk mempraktikkan pola makan yang penuh perhatian dan pembatasan kalori ringan, yang menurut penelitian dapat mengurangi peradangan dan bermanfaat untuk umur panjang.

Selain itu warga Jepang juga rutin beraktivitas fisik. Meski penduduk di 'zona biru' tidak pergi ke gym, mereka sudah terbiasa bergerak baik salah satunya rutin berjalan kaki.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kakek Berumur 110 Tahun Dinobatkan Jadi Pria Tertua di Jepang"