Hagia Sophia

12 April 2024

Menkes: Ini Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Pemudik

Ilustrasi mudik. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat yang menjalani mudik lebaran untuk benar-benar menjaga kesehatan. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan agar perjalanan ke kampung halaman hingga kembali ke rumah berjalan dengan lancar.

Ia mengatakan tiga masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh para pemudik adalah dispepsia atau gangguan saluran pencernaan, fatigue atau kelelahan parah, dan tekanan darah tinggi. Menkes Budi menambahkan bahwa masyarakat yang sedang dalam perjalanan bisa memanfaat pelayanan posko kesehatan di berbagai rute yang disediakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Dalam kunjungannya ke posko kesehatan Rest Area Tol Cipali KM 102, ia menuturkan bahwa masyarakat dapat mendapatkan layanan kesehatan hingga tuntas. Apabila ada yang memerlukan, pemudik juga bisa mendapatkan rujukan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

"Masalah biasanya memang ada tiga, yang pertama perut, terus pegal-pegal, dan satu lagi biasanya darah tinggi. Nah, itu yang banyak saya lihat di sini pun juga sama," kata Menkes Budi dikutip dari detikJabar (11/4/2024).

Selain itu, Menkes Budi menyoroti risiko kecelakaan yang dapat menjadi 'ancaman' selama mudik lebaran yang sering diakibatkan oleh lelah berkendara. Ia juga berharap dengan adanya pos kesehatan di sejumlah titik ini, dapat menjadi sarana penanganan kecelakaan yang lebih cepat sehingga menurunkan angka fatalitas.

"Kita mengimbau kepada para pemudik jangan terlalu memaksakan dalam berkendara," ujar Menkes Budi.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak memaksakan perjalanan apabila sudah merasa lelah. Menkes Budi mengimbau pada masyarakat untuk beristirahat di rest area setelah menyetir setidaknya setiap empat jam untuk menghindari risiko kecelakaan.

"Kalau di luar negeri itu disiplin hanya boleh berkendara empat jam. Kalau kita kan nggak, harusnya disiplin. Jadi kalau bisa setiap empat jam berkendara harus beristirahat di rest area, baru nanti jalan lagi," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pegal-pegal sampai Hipertensi, Masalah Kesehatan yang Banyak Dialami Pemudik"