Hagia Sophia

18 January 2023

Didiagnosa Idap PCOS, Wanita Ini Haid selama 83 Hari

Curhat wanita alami PCOS (Foto: Getty Images/iStockphoto/ATHVisions)

Periode menstruasi wanita biasanya berlangsung selama 4-7 hari. Tapi bagaimana jika rentang waktunya lebih lama dan berlangsung berbulan-bulan?

Kondisi tersebut dialami Ronny Maye yang syok karena mensnya bertahan selama 83 hari. Selama tiga bulan lamanya, dia mengalami kram dan nyeri perut yang menyiksa.

Kepada Insider, Maye bercerita didiagnosa sindrom ovarium polikistik atau PCOS pada 2015. Ia juga mengeluhkan mens yang tidak teratur dan sudah berlangsung selama beberapa tahun.

Maye sering mengalami menstruasi yang berat, tapi kali ini yang terparah. Menstruasi adalah pelepasan lapisan rahim setiap bulan, dipicu oleh naik turunnya hormon.

Namun pada penderita PCOS, ketidakseimbangan hormon menyebabkan lapisan rahim menjadi lebih tebal, yang mengakibatkan haid menjadi lebih berat dan lebih lama. Kelebihan estrogen berarti lapisannya lebih tebal dari biasanya, yang berarti ada lebih banyak darah yang harus dikeluarkan.

Saat itu Maye kaget karena darahnya keluar banyak sekali sampai pembalut jenis apa pun tak bisa menampung.

"Jauh di lubuk hati saya tahu ada sesuatu yang tidak beres, katanya. Saya benar-benar ketakutan," kata Maye.

Dia mencari pertolongan medis dua kali dan dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans untuk kedua kalinya dia meminta bantuan karena merasa kehabisan darah.

Namun saat di ruang gawat darurat, seorang dokter laki-laki menuduhnya mengada-ada.

Padahal selama Maye di sana, perawat sudah mengganti seprei tiga kali dan bahkan memberinya transfusi darah juga obat-obatan untuk menghentikan pendarahannya.

"Saya ingat dengan jelas dokter itu bertanya kepada saya, 'Apakah Anda yakin Anda berdarah sebanyak yang Anda katakan?'" ucapnya.

Dokter mengatakan dia cukup sehat untuk pulang, tetapi dia tahu bahwa tanpa lebih banyak asam traneksamat untuk mengurangi pendarahan, kondisi itu akan menjadi sangat berbahaya. Dia bahkan bisa mati karena kehabisan darah.

Maye yang seharusnya hanya dirawat sehari menjadi harus menghabiskan waktu sampai akhir pekan di rumah sakit karena kondisinya memburuk. Dia didiagnosa mengalami anemia dengan kadar hemoglobin rendah.

Pendarahan hebat karena menstruasi juga membuatnya dehidrasi dan harus menjalani transfusi darah rutin.

Pendarahan berlangsung selama total 83 hari dan dia harus mendapatkan pelebaran dan kuretase, prosedur pembedahan di mana lapisan rahim dikerok. Biasanya dilakukan setelah keguguran.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Wanita Idap PCOS Haid selama 83 Hari, Hampir Kehabisan Darah"