Hagia Sophia

18 January 2023

Piala Italia: Napoli Kalah Adu Penalti dengan Cremonnese 2(4)-2(5)

Foto: AP/Alessandro Garofalo

Napoli berhadapan dengan Cremonese di 16 besar Coppa Italia. Partenopei tumbang lewat adu penalti dengan skor 4-5.

Napoli vs Cremonese berlangsung di Stadion Armando Maradona dalam babak 16 besar Coppa Italia, Rabu (18/1/2023) dini hari WIB. Partenopei berusaha menekan pertahanan lawan selama laga berjalan lima menit.

Anak asuh Luciano Spalletti terus mendominasi penguasaan bola sampai menit ke-10. Di sisi lain, Cremonese mampu bertahan dengan sangat baik.

Alih-alih mendapatkan gol duluan, Napoli malah kebobolan. Charles Pickel menerima bola menerima bola dari David Okereke di sepertiga akhir pertahanan lawan, yang untuk kemudian dikonversi menjadi gol. 1-0 Cremonese memimpin di menit ke-18.

Napoli berusaha keras mencari gol penyeimbang dengan menyerang total sampai meninggalkan pertahanan. Situasi itu membuat Napoli beberapa kali dalam bahaya karena Cremonese melawan lewat serangan balik.

Napoli menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-33 lewat Juan Jesus. Gol itu sempat ditinjau ulang oleh VAR, untuk memastikan apakah ada sesuatu yang membatalkan gol karena situasi kemelut di kotak penalti. VAR pada akhirnya menganggap gol itu sah.

Tim asal kota Naples tersebut akhirnya balik memimpin 2-1 di menit ke-36. Giovanni Simeone mencetak gol setelah menyundul bola di depan gawang.

Cremonese mencoba untuk menyeimbangkan skor, tapi Napoli tidak menyerah dan terus berusaha mencari gol ketiga. Namun, sampai turun minum skor 2-1 bertahan untuk keunggulan Napoli.

Awal babak kedua masih berjalan sulit untuk Cremonese. Napoli tidak bermain untuk mencari aman, melainkan masih tampil dalam tempo tinggi untuk menyerang.

Napoli terus mengurung pertahanan Cremonese. Namun, hal tersebut membuat Napoli lengah dan berhasil dimanfaatkan oleh lawan.

Cremonese menyamakan skor menjadi 2-2 di menit ke-87. Felix Afena-Gyan mendapatkan bola dari Luca Zanimacchia di area tengah dan menuntaskannya menjadi gol.

Skor tersebut bertahan sampai waktu normal tuntas. Hasil imbang 2-2 membuat laga terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Pada babak pertama tambahan waktu, Cremonese harus bermain dengan 10 orang. Leonardo Sernicola keluar dari permainan setelah menerima kartu kuning kedua di menit ke-100.

Napoli gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Sampai babak tambahan waktu 2x15 menit tuntas, skor 2-22 tetap bertahan dan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Napoli harus gigit jari dalam adu penalti. Cremonese mampu menang 5-4 dan melaju ke delapan besar setelah seluruh eksekutornya menyelesaikan tugas dengan baik.
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Coppa Italia: Kalah Adu Penalti Lawan Cremonese, Napoli Tersingkir"