Hagia Sophia

15 March 2023

Cara Mudah untuk Hilangkan Sakit Gigi Berlubang

Foto: Shutterstock

Sakit pada gigi berlubang sering kali menyebabkan kita tidak nyaman beraktivitas, sulit berpikir, hingga tidak bisa tidur. Rasa sakit ini biasanya hilang setelah minum obat, tetapi bisa kambuh lagi setelah efek obatnya hilang.

Nah, dalam artikel ini kita ulas cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi. Caranya bisa dengan obat-obatan maupun tanpa obat.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang

Berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi yang dirangkum dari Healthline dan Primaya Hospital.

1. Berkumur Air Garam
Buat larutan air garam, yakni dengan mencampurkan air hangat dengan satu sendok garam. Pakailah untuk berkumur selama beberapa detik.

Garam merupakan disinfektan alami yang dapat meredakan pembengkakan dan infeksi. Berkumur juga bisa membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

2. Berkumur Air Hidrogen Peroksida
Selain air garam, kamu juga bisa membeli hidrogen peroksida dan mencampurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air.

Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Larutan ini dapat membunuh bakteri serta meredakan nyeri dan pembengkakan.

3. Kompres dengan Es
Kompres pipi luar Anda dengan kantong es atau kain dingin untuk membuatnya mati rasa, sehingga mengurangi rasa sakit.

4. Oleskan Minyak Cengkeh
Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh dengan mengoleskannya ke gigi yang sakit. Cengkeh mengandung antiseptik alami berupa eugenol.

5. Kunyah atau Oleskan Bawang Putih dan Merah
Kandungan alisin pada bawang putih dan bawang merah merupakan agen anti bakteri alami yang dapat meredakan nyeri dan pembengkakan. Haluskan bahan ini, lalu kunyah atau oleskan pada gigi berlubang.

6. Tempelkan Kantong Teh
Tempelkan kantong teh yang basah dan hangat ke gigi yang berlubang. Kandungan tanin pada teh bisa meredakan rasa sakit gigi.

7. Kunyah Jahe
Jahe juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dengan cara membersihkannya terlebih dahulu dan mengupasnya. Kunyah jahe dan biarkan di dalam mulut hingga satu jam.

8. Oleskan Kunyit
Selain jahe, kunyit juga memiliki kandungan yang meredakan peradangan dan membunuh bakteri. Gunakan kunyit atau bubuk kunyit dan campurkan dengan air atau madu dan oleskan ke gigi berlubang.

9. Taruh Potongan Lemon
Cara berikutnya ialah menggunakan potongan lemon dan menaruhnya pada gigi berlubang. Isap air dari lemon hingga habis. Kandungan vitamin C-nya baik untuk kesehatan gigi.

10. Berkumur Air Rebusan Daun Jambu Biji
Cuci daun jambu biji dan kunyahlah, atau buat rebusan dari daun jambu biji lalu pakai untuk berkumur. Daun jambu biji memiliki kandungan antimikroba untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri.

11. Tambal Gigi di Dokter
Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menambal gigi berlubang. Gigi Anda akan dibor untuk menghilangkan bagian yang membusuk kemudian menambalnya dengan bahan tertentu.

12. Perawatan Saluran Jaringan Akar
Jika gigi berlubang menyebabkan saraf mati, dokter mungkin akan melakukan perawatan jaringan akar gigi untuk menyelamatkan gigi Anda.

Ini mencakup pengangkatan jaringan saraf, jaringan pembuluh darah, dan area gigi yang membusuk, hingga menambal gigi dan memasang mahkota.

13. Konsumsi Obat
Ada banyak obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan di apotek tanpa resep. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikian tadi 13 cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi. Cara ini bisa dilakukan dengan dengan cara alami, konsumsi obat, hingga penanganan dokter. Semoga bermanfaat.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Simpel dan Ampuh! Ini 13 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang agar Tidak Kambuh Lagi"