Hagia Sophia

15 March 2023

Beberapa Cara untuk Atasi Perut Kembung

Foto: Istock

Perut kembung bisa terjadi pada semua orang. Ini bisa menyebabkan perut terasa sesak dan kencang, sekalipun Anda tidak memiliki perut buncit. Kondisi ini sering membuat nyeri pada perut.

Lalu apa yang harus dilakukan jika perut kembung? Nah, di sini akan kita ulas cara mengatasi perut kembung agar kembali nyaman beserta penyebab dan cara pencegahannya.

Penyebab Perut Kembung

Perut kembung bisa disebabkan oleh banyak hal. Dilansir dari situs Cleveland Clinic, penyebab paling umum adalah terjadi kelebihan gas di dalam usus sehingga perut terasa penuh.

Perut kembung mungkin terjadi karena masalah pencernaan jika gejalanya muncul setelah makan.

Ini mencakup karena makan terlalu cepat, makan makanan yang banyak mengandung gas, intoleransi makanan, atau karena perkembangan bakteri berlebih di usus.

Selain itu, perut kembung bisa terjadi karena kondisi tertentu, misalnya sembelit karena faktor diet. Siklus menstruasi juga bisa membuat perut terasa kembung.

Selain masalah-masalah tersebut, mungkin juga perut kembung disebabkan masalah serius seperti sumbatan tumor, radang usus, hingga kanker.

Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Cara Alami dan Medis

Berikut ini beberapa cara mengatasi perut kembung dengan cara alami dan medis yang dirangkum dari situs Medicover Hospital dan Cleveland Clinic.

1. Minum Mint dan Madu Hangat
Cara mudah pertama adalah meminum air hangat yang dicampur madu dan beberapa tangkai daun mint. Minuman ini bisa segera meredakan perut kembung yang Anda alami.

2. Konsumsi Jahe
Jahe yang diseduh bisa dengan cepat menyembuhkan gangguan pencernaan, termasuk mengusir gas yang menyebabkan perut kembung.

3. Minum Teh Herbal
Teh dengan campuran herbal, termasuk peppermint, chamomile, jahe, kunyit dan adas dapat memperbaiki pencernaan dan membantu mengurangi gas dalam perut.

4. Gunakan Kapsul Minyak Peppermint
Kapsul minyak peppermint dapat membantu otot usus terasa rileks. Dengan demikian, gas atau kotoran yang terjebak di perut bisa lebih mudah dikeluarkan.

Anda bisa mengoleskan minyak peppermint atau dengan mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul.

5. Konsumsi Probiotik
Probiotik akan membantu menyeimbangkan bakteri dalam usus sehingga pencernaan Anda menjadi lebih baik.

Mengkonsumsi makanan dan minuman prebiotik dapat mencegah masalah pencernaan. Makanan dan minuman ini meliputi yoghurt, beberapa keju, tempe, dan lain-lain.

6. Minum Psyllium
Psyllium adalah suplemen serat yang berasal dari biji tanaman Plantago ovata. Manfaatnya ialah dapat membantu Anda buang air besar lebih teratur.

7. Minum Jus Lemon Hangat
Minumlah segelas jus lemon dengan air hangat untuk meredakan perut kembung dengan mudah.

8. Konsumsi Cuka Sari Apel
Cuka sari apel merupakan suplemen kesehatan yang bisa dikonsumsi dengan dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Minumlah sehari sekali.

9. Berolahraga
Jalan-jalan dan aktivitas fisik dapat menyebabkan usus bergerak lebih teratur, sehingga dapat mengeluarkan feses maupun kelebihan gas.

10. Minum Obat Antasida
Obat antasida bisa Anda dapatkan di apotek dengan berbagai merek dan dijual bebas.

Obat ini dapat meredakan peradangan di saluran pencernaan dan membantu mengeluarkan gas berlebih.

11. Minum Suplemen Magnesium
Suplemen magnesium memiliki efek pencahar alami yang dapat menetralkan asam lambung dan mengendurkan otot usus. Tetapi penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan kebiasaan.

Cara Mencegah Perut Kembung

Di samping mengetahui cara mengatasi perut kembung, Anda juga perlu tahu bagaimana mencegah kondisi ini agar tidak sering terjadi.

Cara mencegah perut kembung bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini.

1. Makan Serat
Konsumsi makanan berserat baik untuk pencernaan. Memang awalnya mungkin menyebabkan banyak gas, tetapi kemudian dapat memperbaiki pencernaan dengan membersihkan kotoran dan gas di perut.

2. Minum Air
Minum air yang cukup dapat mendorong motilitas di sepanjang saluran pencernaan dan membuat makanan di dalam perut tidak terlalu keras sehingga mudah dicerna.

3. Berolahraga
Olahraga yang teratur dapat mencegah retensi air dan membuat perut Anda bergerak sehingga gas maupun kotoran lebih mudah keluar.

4. Hindari Makanan Olahan
Makanan olahan yang rendah serat dan tinggi garam dan lemak tidak baik untuk kesehatan Anda, termasuk bisa menyebabkan perut kembung.

Garam menyebabkan retensi air, dan lemak memperlambat proses pencernaan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

5. Makan dengan Kesadaran
Makan jangan terlalu cepat dan cobalah dengan penuh kesadaran. Kunyah makanan dengan benar dan biarkan saluran pencernaan terlewati dengan baik sampai tiba di perut.

Demikian tadi cara mengatasi perut kembung dengan obat alami maupun obat medis yang bisa dibeli di apotek.

Sebelum terjadi lagi, lakukan cara pencegahan perut kembung yang telah disebutkan di atas. Perut kembung bisa diatasi dengan mudah, tetapi jika tidak juga mereda, segeralah berkonsultasi dengan dokter.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pencegahan dan Cara Mengatasi Perut Kembung agar Kembali Nyaman"