Hagia Sophia

15 March 2023

Liga Champions: Maju ke Perempatfinal, Man City Kalahkan RB Leipzig 7-0

Foto: REUTERS/CARL RECINE

Manchester City maju ke perempatfinal Liga Champions secara meyakinkan. Erling Haaland mencetak lima gol dalam pesta gol Man City ke gawang RB Leipzig.

Man City menggulung RB Leipzig dengan skor telak 7-0 pada pertandingan babak 16 besar leg II. Duel itu berlangsung di Stadion Etihad pada Rabu (15/3/2023) dinihari WIB.

The Citizens ngebut dengan mengungguli Leipzig tiga gol melalui hat-trick Haaland (satu penalti) di akhir babak pertama. Tim tuan rumah semakin menggila usai menciptakan empat gol tambahan di paruh kedua dari Ilkay Guendogan, sepasang gol Haaland, dan Kevin de Bruyne.

Dengan demikian, Man City berhak lolos ke babak selanjutnya setelah unggul agregat 8-1 dari RB Leipzig. Tim besutan Pep Guardiola itu lolos ke perempatfinal untuk keenam kalinya berturut-turut.

Jalannya Pertandingan

Man City langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ketiga, Ilkay Guendogan melewatkan sebuah peluang bagus setelah tembakannya dari posisi bebas cuma melambung tinggi.

Leipzig baru merespons pada menit 14. Dominik Szoboszlai mengirim umpan kepada David Raum untuk diteruskan dengan sebuah crossing. Bola terlalu dekat dengan Ederson sehingga cukup mudah untuk mengamankan.

Man City menyerang lagi. Kerja sama Jack Grealish dengan Nathan Ake di sayap kiri diakhiri dengan umpan tarik kepada Kevin de Bruyne. Pemain yang disebut terakhir menyodorkan umpan mendatar tapi penyelesaian Grealish tak menemui sasaran.

Penalti untuk Man City. Benjamin Heinrichs dinyatakan melakukan handball setelah wasit memeriksa insiden kemelut di depan gawang RB Leipzig melalui monitor di tepi lapangan.

Haaland maju sebagai eksekutor lalu melepaskan tembakan kaki kiri mendatar untuk menaklukkan penjagaan Janis Blaswich. Man City memimpin 1-0 atas RB Leipzig di menit ke-22.

Man City cuma butuh dua menit untuk memperbesar keunggulannya menjadi 2-0. Tendangan panjang Blaswich jatuh di daerah pertahanan Man City. Kerja sama satu-dua Haaland dengan Kevin de Bruyne diakhiri dengan sepakan keras dari area D yang menghantam mistar gawang Leipzig. Bola memantul disambar Haaland dengan sundulan dari jarak dekat.

Pada menit ke-31, Haaland nyaris menciptakan hat-trick. Haaland menyambut sebuah crossing di sisi kanan sebelum melepaskan tembakan. Blaswich melakukan penyelamatan gemilang di tiang dekat.

Man City akhirnya menciptakan gol ketiganya di pengujung turun minum. Dari sepak pojok, Haaland menyundul bola lalu mengenai tiang jauh sebelum mengecoh Blaswich. Man City 3, RB Leipzig 0.

Unggul telak tak membuat Man City kendur menyerang. Guendogan mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengubah kedudukan menjadi 4-0 di menit ke-49.

Berawal dari umpan panjang Ederson ke sayap kanan, kerja sama Haaland dengan Guendogan diteruskan dengan sodoran ke sayap kiri. Grealish menyodorkan umpan tarik kepada Guendogan lalu menyelesaikan dengan tembakan mendatar dari dalam kotak penalti.

Haaland quat-trick! Sebuah sepak pojok dari sayap kanan diteruskan Haaland dengan tandukan. Blaswich menepis sehingga menciptakan kemelut kecil di depan gawang. Haaland memperoleh bola terakhir lalu menyelesaikan dengan sepakan kaki kiri dari jarak dekat. Man City 5, RB Leipzig 0 di menit ke-54.

Hanya tiga menit kemudian, gawang RB Leipzig jebol lagi untuk keenam kalinya. Haaland menciptakan lima gol sehingga keunggulan Man City bertambah menjadi 6-0. Sepakan Riyad Mahrez dari sayap kanan ditepis Blaswisch, Haaland mencecar bola rebound dengan sepakan akurat dari depan gawang.

Tensi pertandingan kemudian menurun drastis. Di injury time, De Bruyne melengkapi dominasi Man City dengan mencetak gol ketujuh timnya ke gawang RB Leipzig sekaligus menyudahi permainan dalam kedudukan 7-0.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Nathan Ake, Stones (Sergio Gomez 64'), Ruben Dias, Akanji, Guendogan (Mahrez 55'), De Bruyne, Bernado Silva, Grealish (Foden 55'), Rodri (Phillips 64'), Haaland (Julian Alvarez 63')

RB Leipzig: Blaswich, Willi Orban, Ben Heinrichs, Raum, Gvardiol, Forsberg (Andre Silva 63'), Kevin Kampl, Konrad Laimer, Haidara (Simakan 63'), Szoboszlai, Werner (Poulsen 63')























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs RB Leipzig: Haaland 5 Gol, The Citizens ke Perempatfinal"